Mari Intip 10 Tampilan Fasad Gedung dengan Desain Menarik di Dunia

Tampilan Fasad Gedung

Nilai sebuah bangunan bisa dilihat dari tampilan dan desain arsitektur yang diterapkan pada sisi bangunan. Gedung yang dibangun tanpa sentuhan arsitektur akan terlihat biasa saja. Namun, gedung yang dirancang oleh arsitek revolusioner akan terlihat begitu kaya dengan sentuhan desain yang terlihat ikonik dan tentu saja bernilai seni tinggi. Tampilan yang tampak dari sebuah gedung inilah yang disebut fasad gedung.

Fasad pada gedung itu tak hanya sebatas desain yang indah dipandang saja, namun pembuatannya pun juga bisa disesuaikan dengan banyak fungsi dan kegunaan yang diinginkan. Termasuk juga untuk keamanan, kenyamanan dan kesesuaian dengan lingkungan sekitar. Seperti beberapa bangunan dan gedung berikut ini yang tampil menarik karena desain fasad unik yang dimilikinya.

1. Hue Apartemen, Richmond

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Realestate)

Apartemen yang terdiri dari lima lantai ini terlihat memiliki desain modern minimalis yang dirancang oleh arsitek Jackson Clements Burrows. Fasad yang terbuat dari material kayu di desain dengan jendela berbentuk bulat dengan ukuran diameter yang bervariasi. Penempatan jendela juga diletakkan secara acak pada semua sisi. Desain fasad ini terlihat simpel dan modern, namun memiliki kesan yang sangat menarik. Ditambah lagi dengan taman mini pada halaman depan yang membuatnya menjadi perpaduan yang pas dengan nuansa alami.

2. 18 Kowloon East, Hong Kong

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Arch20.com)

Desain fasad gedung menarik berikutnya datang dari 18 Kowloon East. Bangunan yang terdiri dari hunian, perkantoran dan lahan parkir ini dirancang oleh seorang arsitek dari Aedas yang menambahkan konsep penghijauan nan modern pada fasad gedung ini.

Desain fasad seperti ini cocok untuk gedung di tengah perkotaan karena terlihat sangat menarik dan indah dipandang berkat konsep taman kecilnya. Di sepanjang sisi eksterior gedung terlihat deretan taman yang menarik dengan susunan berlapis, serta warna kehijauan yang justru mempercantik tampilan gedung. Lagipula, konsep seperti ini juga berfungsi meminimalisir polusi udara pada area gedung sehingga udara terasa lebih segar.

3. FECHAC Regional Office, Mexico

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Arch Daily)

Pembuatan fasad pada bangunan gedung juga bisa dibuat dari material logam. Seperti gedung FECHAC Regional Office yang memiliki dua menara dari material logam dengan pola zig-zag bergelombang ini. Di samping itu, tampilannya pun sukses menciptakan kesan modern dan elegan. Sisi lain gedung juga dibuat fasad semi-transparan pola pita sebagai latar dari kedua menara ini. Menarik, ya!

4. Dear Jingumae, Tokyo

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Arch Daily)

Berikutnya ada fasad gedung menarik Dear Jingumae. Seorang arsitek bernama Yoshihiro Amano mendesain fasad untuk gedung kantor ini dengan menggunakan pola bergelombang yang terbuat dari material baja berbentuk potongan pita. Secara sekilas fasad ini terlihat seperti menyelimuti gedung layaknya pengaman yang menjadikannya terlihat unik.

(Baca Juga: Tak Hanya Estetika, Fasad Bangunan Penting Demi Meningkatkan Tingkat Keamanan Bangunan)

5. Tower Hatert, Belanda

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Inhabitat)

Tak hanya logam, material lain yang digunakan untuk fasad bangunan adalah kayu. Seperti yang ada pada Tower Hatert buatan Rotterdam 24H Architecture. Arsitek Rotterdam membuat fasad dan mendesainnya untuk bangunan ini dengan gaya kontemporer art nouveau.

Seperti yang dilihat fasad ini memiliki motif seperti bunga sehingga terlihat pola yang unik dan menarik dari bagian atas hingga ke bawah. Pola fasad pada bangunan ini juga terlihat menyelimuti seluruh bangunan dari atap hingga ke bawah yang menampilkan desain yang sangat berbeda.

6. Estar Móveis SuperLimao Studio, Brazil

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Arch Daily)

Bangunan studio ini terlihat memiliki tampilan dan desain fasad yang tak kalah menarik dan modern. Fasad didesain dengan bentuk sarang lebah dengan pola hexagonal serta ada beberapa sisi fasad yang dibiarkan bolong untuk sirkulasi udara.

Pola ini dibagi atas dua warna lapisan, yakni lapiran berwarna buram dan lapisan semi transparan sehingga membuat bangunan ini terlihat seperti menghasilkan efek visual yang unik dan menarik perhatian tanpa menghalangi cahaya yang masuk.

7. Campus Kolding, Denmark

Tampilan Fasad Gedung

(Image: sdu.dk)

Fasad gedung menarik juga datang dari arsitek Henning Larsen yang mendesain gedung Universitas Kolding. Ia berinovasi dengan membuat fasad gedung yang mempu bergerak sendiri. Ia membuat fasad dengan desain berbentuk segitiga yang dilengkapi dengan lubang kecil. Tampilan apik terlihat dari sensor cahaya yang diterapkan pada fasad gedung.

8. Manuel Gea Gonzalez, Mexico

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Inhabitat)

Sebuah rumah sakit di Mexico melapisi gedungnya dengan fasad bentuk seperti struktur spon setinggi 300 kaki. Selain tampilannya terlihat unik seperti dinding spon raksasa, fasad ini juga berfungsi sebagai filter udara yang akan membersihkan toksin di udara dan mampu menghilangkan polutan karena fasad dibuat dengan material yang mengandung titanium dioksida. Udara di sekitarnya pun menjadi lebih bersih dan sehat.

9. Al Bahr Tower – Abu Dhabi

Tampilan Fasad Gedung

(Image: Diar Consult)

Cuaca super terik seperti di Abu Dhabi tentu membutuhkan fasad gedung yang responsif terhadap suhu dan cahaya. Salah satu gedung yang terlihat menarik dengan kualitas fasad terbaik adalah Al Bahr Tower. Dua menara ini dibangun menggunakan fasad berbahan fiberglass berbentuk seperti katup mawar yang mampu membelokkan cahaya matahari dan memiliki respon buka tutup sehingga tidak mengganggu pandangan dari dalam gedung. Jika dilihat pada malam hari, fasad-fasad ini justru akan tertutup dan tak terlihat.

10. Algae Building – Jerman

Tampilan Fasad Gedung

(Image: ikons.id)

Terakhir ada bangunan seluas 2.150 kaki persegi di Jerman, hasil buatan Splitterwerk Architects dan Arup. Gedung ini menggunakan fasad dengan warna cerah yang tidak hanya menerapkan nilai estetika tetapi juga ramah lingkungan. Warna hijau cerah pada gedung ini sebenarnya dihasilkan oleh jutaan tanaman alga mikroskopis untuk memacu produksi biomassa.

Itulah beberapa contoh fasad yang digunakan pada gedung sehingga terlihat sangat menarik. Masih banyak model dan desain fasad gedung atau bangunan dalam berbagai konsep yang akan membuat gedung terlihat indah dan bernilai seni. Kebanyakan fasad pada bangunan dan gedung memiliki desain yang mencolok dan berbeda dari desain bangunan pada umumnya. (Source: rumah.com)