Menakjubkan, Ini Dia Deretan 20 Gedung Tertinggi di Dunia!

Sudah bukan hal yang tabu melihat munculnya gedung-gedung tertinggi di dunia. Untuk Jakarta sendiri, begitu banyak inovasi gedung tertinggi di Jakarta yang semakin mewarnai kehidupan bisnis dan pekerjaan kita. Ada pula sisi positif pengadaan gedung tinggi yaitu dapat mengurangi space tanah yang berlebihan dan dapat dialokasikan untuk pembangunan lainnya.

Apa Saja Daftar Gedung Tertinggi di Dunia?

Selama ini sudah banyak hasil inovasi pembangunan gedung pencakar langit di dunia, baik yang sudah selesai dibangun hingga masih dalam tahap pembangunan. Bahkan perbedaan munculnya gedung tinggi pada era ini dan dulu begitu signifikan. Jika melihat kembali pada era 2000-an, gedung-gedung tinggi yang muncul pada tahun tersebut hanya setinggi 300 – 400 meter. Namun pada era sekarang ini, bahkan diketahui Burj Khalifa, gedung tertinggi yang ada di Dubai saat ini mencapai ketinggian hingga 828 meter. Masih ada lagi gedung-gedung lain yang dikenal dunia berkat terobosan baru ketinggian yang menakjubkan, mari simak pilihan SewaKantorCBD kali ini!

 

1. Burj Khalifa (Ketinggian 828 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: Babson College)

Dimulai dari pencetak rekor tertinggi di dunia saat ini, yaitu Burj Khalifa. Melihat terobosan ini, Dubai memang tak pernah letih menghadirkan sesuatu yang baru dan mewah. Burj Khalifa diketahui menembus angka ketinggian sebesar 828 meter yang bahkan dapat menembus awan. Gedung ini juga hadir dengan tampilan yang memukau dari beberapa karya arsitek kenamaan dunia, serta memiliki fasilitas berstandard international. Tak hanya itu, masih ada lagi rekor lain yang diraih oleh Burj Khalifa yakni bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, deck observation outdoor tertinggi di dunia, lift berjarak jauh di dunia, observatorium luar ruangan tertinggi di dunia. Anda tertarik berkunjung ke sini?

 

2. Wuhan Greenland Center (Ketinggian 636 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: Pinterest)

Beralih ke gedung andalan Tiongkok, terdapat satu terobosan gedung yang sangat menarik perhatian dunia bernama Wuhan Greenland Center. Gedung ini memang masih dalam tahap pembangunan hingga estimasi rampung di tahun 2019 nanti. Namun pembangunannya sudah dinanti oleh warga Wuhan berkat ketinggian dan desain bangunan yang menarik. Tak seperti gedung pada umumnya, Wuhan Greenland Center akan memiliki tampilan meruncing dengan bentuk yang dinamis. Sosok di balik keindahan desain gedung ini tak luput dari hasil kolaborasi Adrian Smith, Gordon Gill Architects, dan Thornton Tomasetti Engineers yang sudah memiliki nama besar pada bidangnya.

 

3. Shanghai Tower (Ketinggian 632 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: RWDI)

Inilah pesaing Burj Khalifa yang terletak di Negara China. Shanghai Tower memiliki ketinggian 632 meter yang telah dibangun sejak tahun 2008 lalu. Gedung bergengsi asal China ini menawarkan suasana eksklusif dengan fasilitas kelas atas. Di dalamnya terdapat 121 tingkat lantai dengan total luas bangunan mencapai 380.000 meter persegi. Area yang sangat luas sambil ditunjang oleh beragam fasilitas memadai, seperti lift berkecepatan tertinggi mencapai 40 meter per jam hingga menuju puncak ketinggian menara.

 

4. Abraj Al Bait Tower Twins Hotel (Ketinggian 601 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: Ahsanu Qoulan)

Menjadi sebuah komplek bangunan yang sangat luas, Abraj Al Bait Tower juga memiliki bangunan yang dinobatkan tertinggi di dunia. Bangunan yang menjadi signature Kota Mekkah ini dibangun untuk dapat menampung jemaah haji yang semakin bertambah setiap tahunnya untuk menunaikan ibadah haji. Maka tak heran jika Abraj Al Bait Tower memiliki luas yang dapat menampung hingga 7 bangunan, salah satunya Hotel Tower yang memiliki ketinggian 601 meter ini.

 

5. Ping An Finance Center (Ketinggian 599,1 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: The Architect’s Newspaper)

Hanya selisih sedikit dengan Abraj Al Bait Tower, Ping An Finance Center juga turut menghiasi daftar gedung tertinggi di dunia dengan terobosan 599,1 meter ke atas. Gedung ini berfungsi sebagai area gedung perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan super megah di Guangdong, China. Menariknya lagi, luas bangunan ini mencapai 378.600 meter persegi plus area basement seluas 90.000 meter persegi lagi. Tak heran jika komplek bangunan ini digadang-gadang sebagai komplek tertinggi dan terluas di China.

 

6. Goldin Finance 117 (Ketinggian 596 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: The Skyscraper Center)

Untuk urutan ke-6 ada sebuah gedung yang kini sedang dalam tahap pembangunan, yakni Goldin Finance 117. Namun gedung ini sebenarnya sudah hampir menuju finishing touch dan akan mulai beroperasi pada tahun 2019 mendatang. China kini memiliki beragam gedung yang menduduki peringkat tertinggi kedua, salah satunya gedung ini. Goldin Finance 117 memiliki ketinggian 596 meter dengan tampilan penuh akan lapisan kaca. Selain itu jumlah lantai yang dimiliki nantinya akan berjumlah 117 lantai dengan berbagai fungsi yaitu hunian hotel, apartemen, dan juga gedung perkantoran.

 

7. Lotte World Tower (Ketinggian 555 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: kpf.com)

Beralih ke Korea, negara maju ini juga tak kalah dalam memajukan dunia bisnis terutama saat melihat jejeran gedung pencakar langit yang ada di sana. Salah satu yang berhasil mencetak rekor tertinggi di Korea Selatan dan menjadi pusat perhatian masyarakat sekitar adalah Lotte World Tower. Gedung ini telah beroperasi pada tahun 2017 lalu dan hadir dengan tampilan yang menakjubkan. Desainnya terlihat dinamis dengan mengerucut ke atas. Tak bisa dipungkiri, proses pembangunan yang memakan waktu selama hampir 13 tahun membuahkan hasil gedung yang begitu menawan.

 

8. One World Trade Center (Ketinggian 541,3 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: Curbed NY)

One WTC hadir sebagai bangunan paling dominan di New York City. Pasalnya, gedung ini berdiri dengan ketinggian yang tak biasa dibandingkan gedung-gedung di sekitarnya. One WTC dulunya dikenal dengan nama Freedom Tower pada masa pembangunannya dan berubah nama setelah rampung. Seketika saat gedung ini mulai beroperasi pada tahun 2014 lalu, One WTC menduduki peringkat ke-6 sebagai gedung tertinggi di dunia kala itu.

Namun sebenarnya jika dilihat dari ketinggian lantai gedung ini hanya setinggi 417 meter, baru jika ditambah ujung tiang yang membuatnya terlihat makin menarik adalah ketinggian hingga puncak gedung ini hanya mencapai 417 meter, baru jika diukur hingga ujung teratas pada tiang gedung ini mencapai 541 meter. Kemudian hal menarik lainnya, gedung ini dibangun dalam rangka memperingati dan ingin membangun kembali gedug World Trade Center yang hancur akibat serangan teroris pada tahun 2001 silam.

 

9. Taijin Chow Tai Fook Centre (Ketinggian 530 Meter)

 Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: The Skyscraper Center)

Gedung satu ini juga masih dalam tahap pembangunan. Chow Tai Food Centre merupakan satu dari deretan bangunan tertinggi di dunia hasil kreasi Negara China. Pembangunan gedung ini sudah dilakukan pada tahun 2013 lalu dan direncanakan akan rampung pada tahun ini. Banyak sekali hal-hal menarik di dalamnya selain faktor ketinggian 530 meter tersebut. Fasilitas kelas atas dan juga desain arsitektur yang modern membuat gedung ini semakin diminati.

 

10. Wilis Tower (Ketinggian 527 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: reddit.com)

Sedangkan list gedung satu ini terbilang gedung lama yang masih menduduki peringkat gedung tertinggi di dunia. Wilis Tower dibangun pada tahun 1970 lalu dengan ketinggian 527 meter. Dulunya gedung ini dikenal dengan nama Sears Tower, kemudian saat perusahaan Wilis Group Holdings, Ltd menyewa beberapa lantai dari Sears Tower, akhirnya perusahaan tersebut memiliki hak nama untuk gedung sebagai perjanjian. Namun setelah berlangsung hingga tahun 2009, akhirnya Sears Tower resmi merubah nama menjadi Wilis Tower.

 

11. Dalian Greenland Center (Ketinggian 518 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: hok.com)

Lagi dan lagi, masih dalam negara China. Adapun gedung pencakar langit lain yang kini masih dalam tahap pembangunan, yakni Dalian Greenland Center. Ketinggian gedung ini diperkirakan akan mencapai 518 meter dengan bentuk yang ramping dan memiliki desain arsitektur kelas atas. Rencananya Dalian Greenland Center akan selesai dibangun pada tahun 2019 mendatang. Mari kita nantikan terobosan baru dari gedung ini!

 

12. Taipei 101 (Ketinggian 509,2 Meter)

Gedung Tertinggi di Dunia

(Image: taiwan-hotels.net)

Jika melihat gedung tinggi di Taipei berbentuk seperti pagoda yang menjulang ke atas, tentu gedung tersebut adalah Taipei 101. Gedung ini dikenal oleh seluruh masyarakat dunia berkat ketinggian gedung mencapai 509, 2 meter. Bahkan pada awal pembangunannya selesai, gedung ini sempat dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di urutan lima ke atas dalam lingkup dunia. Tak hanya itu, tahukah Anda bahwa di dalam gedung ini disematkan fasilitas berteknologi canggih mulai dari internet berkecepatan tinggi hingga 1 GB /detik, lift berkecepatan super tinggi, sistem ketahanan gempa, dan lain-lain.

 

Daftar Gedung Tertinggi di Dunia dengan Ketinggian di Bawah 500 Meter

13. Shanghai World Financial Center (Ketinggian 492 Meter)

14. International Commerce Center (Ketinggian 484 Meter)

15. Petronas Tower (Ketinggian 452 Meter)

16. Zifeng Tower (Ketinggian 450 Meter)

17. Kingkey Finance Center Plaza (Ketinggian 442 Meter)

18. Guangzhou International Finance Center (Ketinggian 439 Meter)

19. Tokyo Tower (Ketinggian 332,9 Meter)

20. Eiffel Tower (Ketinggian 324 Meter)

 

Mungkin bagi Anda yang ingin melakukan pencarian sewa kantor di luar negeri, kira-kira Anda minat bekerja di gedung yang menyediakan area perkantoran di atas?

 

(Source: idntimes.com)