Mengapa Resolusi Selalu Gagal? Ternyata Ini 10 Alasannya!

Resolusi Selalu Gagal

Tahun 2019 sudah menyapa. Itu artinya, saatnya menjalankan semua list resolusi yang telat disepakati. Terutama untuk resolusi karir 2019, resolusi ini patut Anda utamakan demi membuat hidup dan karir yang lebih baik lagi di tahun ini. Namun di samping itu, tahukah Anda bahwa tidak kurang dari 40 persen resolusi selalu gagal dan sudah tak terealisasi bahkan sejak bulan pertama? Lalu pada bulan keenam, tak lebih dari lima puluh persen yang masih tersisa.

Penyebab Resolusi Selalu Gagal

Lantas apa penyebabnya? Setidaknya berikut beberapa alasan mengapa banyak resolusi tahun baru yang gagal sebelum mengantarkan Anda ke titik kesuksesan.

1. Resolusi hanya ikut-ikutan

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat resolusi yang isinya apa saja, ada baiknya untuk pikirkan dulu secara matang. Sebetulnya untuk apa Anda membuat resolusi tahun baru tersebut? Apa motivasi yang melatar belakangi Anda membuat resolusi?

Sebagian orang membuat resolusi akhir tahun hanya ternyata bukan karena mereka benar-benar ingin membuat resolusi demi hidup atau karir yang lebih baik. Melainkan hanya karena melihat orang-orang di sekitarnya telah membuat rencana di tahun berikutnya.

Kalau motivasi Anda membuat resolusi hanya karena ingin ikut-ikutan saja, maka Anda tidak akan serius mewujudkan resolusi tersebut. Alhasil, resolusi yang Anda buat hanyalah sekadar catatan saja dan akhirnya dilupakan seiring waktu berjalan. Kalau demikian lebih baik sekedar menjalankan hidup seperti biasa dan biarkan motivasi muncul dengan sendirinya.

2. Terlalu banyak resolusi

Namun saat Anda benar-benar berprinsip untuk membuat daftar resolusi yang akan mengubah hidup di tahun ini, jangan sampai juga menulis terlalu banyak resolusi yang justru nantinya akan membuat Anda kesusahan. Saking excitednya, hampir semua hal baik Anda tulis bahkan hingga beberapa lembar.

Di satu sisi, hal ini bagus karena Anda sadar harus ada perubahan yang lebih baik di tahun berikutnya. Akan tetapi di sisi lain, terlalu banyak target yang harus Anda capai dalam resolusi tersebut. Anda lupa bahwa diri Anda memiliki keterbatasan. Akibatnya justru tidak bisa menjalankan semua resolusi yang telah dibuat dan tidak ada satupun hasilnya. Kalau begini, justru memang patut dipertanyakan.

3. Memaksakan diri

Pada saat membuat resolusi tahun baru, terkadang Anda menulisnya jutsru tanpa mempertimbangkannya. Anda membuat resolusi pada karir Anda dengan begitu sempurna. Tahun depan harus A, B, C, D dan seterusnya. Tetapi Anda lupa bahwa tidak semua hal bisa diraih langsung dalam setahu, atau bahkan dua tahun ke depan.

Menjalani hidup tentu harus selalu memiliki proses. Targetkan suatu hal secara bertahap. Kalau Anda belum memiliki pekerjaan tetap, jangan mengharapkan untuk naik jabatan terlebih dahulu.

4. Resolusi yang berlebihan

Contohnya saja, resolusi tahun baru nanti adalah ingin menikah dengan orang asing. Memang tidak ada salahnya kalu Anda memiliki impian tersebut. Akan tetapi apakah Anda sudah persiapkan diri? Bagaimana Anda bertemu dengannya? Apa Anda bisa komunikasi dengannya? Dan hal-hal semacamnya.

Cobalah Anda buat resolusi yang lebih realistis. Resolusi yang bisa Anda capai dalam waktu dekat. Apabila resolusimu lebih realistis, jelas, dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, potensi tercapainya resolusimu akan lebih besar. Jadi resolusinya tak hanya sekadar tulisan semata.

Resolusi Selalu Gagal
Image: behappytips.com

5. Tidak fokus pada hal-hal positif

Mengubah diri menjadi lebih baik itu tidaklah mudah. Banyak godaan-godaan yang bisa menjerumuskanmu kembali ke dirimu yang lama. Alhasil resolusimu kembali gagal. Akan jauh lebih baik jika Anda mencoba membuat resolusi langsung fokus pada hal-hal yang ingin Anda ubah.

Misalnya sekarang Anda perokok aktif, tahun depan ingin berubah hingga dapat berhenti merokok. Cara menjalankannya yaitu menjalani bulan pertama hanya merokok satu bungkus, bulan kedua setengah bungkus sampai pada akhirnya tidak lagi aktif merokok. Itu jauh lebih baik ketimbang Anda menuliskan: ingin hidup lebih baik.

6. Tidak ada motivasi lebih

Penyebab yang paling terlihat mengapa resolusi selalu gagal adalah tidak adanya motivasi. Penyebab tidak motivasi adalah karena tidak ada sesuatu yang “mendorongmu” untuk bisa mewujudkan resolusimu.

Misalnya saja dorongan orang lain atau dorongan dalam diri yang begitu kuat. Intinya, manusia membutuhkan dorongan untuk mewujudkan resolusinya.

7. Gagal mengatur waktu

Cobalah Anda renungkan lagi ketika resolusimu selalu gagal. Apakah Anda sudah mengatur waktu dengan baik? Semakin sulit Anda mengatur waktu, maka semakin jauh resolusimu tercapai.

Ingat setiap orang memiliki waktu yang sama yakni 24 jam. Tinggal bagaimana orang tersebut pandai dalam mengatur waktu yang digunakan. Bisa jadi selama ini Anda malah menyia-nyiakan waktu yang ada.

(Baca Juga: 11 Resolusi Karir 2019 yang Akan Mengubah Masa Depan Lebih Baik)

8. Malas

Nah, ini berhubungan dengan pion ketujuh. Rasa malas yang dimiliki pada setiap manusia dapat menghambat bahkan merusak jalan untuk menuju kesuksesan. Kalau Anda memang ingin mewujudkan resolusi tahun baru dalam waktu yang dekat, cobalah untuk melawan rasa malas yang ada pada dirimu. Ingat, malas tidak bisa menjadi alasan untuk Anda tidak berbuat sesuatu.

9. Sering ditunda

“Ah..nanti saja deh besok dikerjakan”, “Eh…Mingggu depan saja.”. kebiasaan menunda-nunda ini juga dapat menjadi penyebab resolusi tahun baru gagal. Sehebat dan serealistis apapun resolusi yang Anda buat tapi tidak ada aksi sama sekali yang Anda lakukan, ya sama saja dengan bohong. Lebih baik, lakukan sekarang.

10. Niat yang masih lemah

Dari semua poin-poin yang menyebabkan resolusi tahun baru gagal adalah niatmu yang belum kuat. Meskipun Anda memiliki peluang dalam mewujudkan resolusi menjadi nyata, tapi bila niat lemah maka Anda tidak akan mewujudkannya. Ingat, tidak ada kesuksesan yang didapat sama mudahnya dengan membalik telapak tangan.

Kini Anda sudah tahu mengapa beberapa resolusi tahun baru Anda berjalan tidak baik dan bahkan gagal. Hanya dalam hitungan hari, tahun sudah berganti. Pikirkan resolusi Anda dan wujudkanlah demi hidup yang lebih baik.