Mengenal Developer Dengan Reputasi Terbaik Dalam Membangun Kompleks Perkantoran di Indonesia

Kantor menjadi ruang penting dalam penyelenggaraan kegiatan perusahaan dan perniagaan. Sekalipun saat ini pasar perkantoran dalam pasokan meluber, bukan berarti developer berhenti membangun gedung perkantoran. Beberapa developer kenamaan, tetap berlomba menghadirkan gendung kantor terbaik dengan lokasi super strategis.

Hingga tahun 2017, catatan market research 2H 2017 dari www.SewaKantorCBD.com menyebutkan bahwa pasokan tahunan 2017 mencapai 480.000 meter persegi, pasokan baru tersebut lebih dari 75 persen berada di CBD Jakarta. Diprediksi, pasokan itu akan terus bertambah. Bahkan akan mencapai hampir 1,2 juta meter persegi ruang perkantoran pada tahun 2018-2020.

Melubernya pasokan ruang perkantoran makin berimbas pada occupancy rate (performa tingkat hunian) hingga 70 persen pada 2020. Itu artinya, anda sebagai penyewa ruang perkantoran memiliki banyak pilihan. Meski demikian, ada beberapa developer gedung perkantoran yang bisa jadi pilihan terbaik anda, mengingat developer gedung perkantoran berikut memiliki reputasi yang baik.

1. Ciputra Group

Membangun DBS Bank Tower (sebelumnya dikenal sebagai Ciputra World Jakarta 1 Tower 1) yang ada Mall Lotte Avenue, Raffles Hotel dan ada Tokopedia Tower (sebelumnya dikenal sebagai Ciputra World Jakarta 2 Tower 1).

Bisa dibilang, Ciputra Group adalah salah satu developer paling terkenal di tanah air, bahkan oleh mereka yang sama sekali tak mengerti dunia property. Ciputra Group didirikan oleh pengembang asal Indonesia, Dr (HC) Ir. Ciputra dan keluarga pada 1981.

Developer yang go publik untuk pertama kalinya di tahun 1994 ini, adalah salah satu pengembang yang paling terdiversifikasi baik dari segi produk, lokasi dan segmen pasar. Dengan perusahaan induk bernama PT Ciputra Development Tbk, dan 2 anak perusahaan bernama PT Ciputra Surya Tbk dan PT Ciputra Property Tbk, Ciputra Group masih menjadi penguasa developer yang membangun kompleks perkantoran.

Tak hanya gedung perkantoran, sejak tahun 1990-an, Ciputra Group telah melakukan diversifikasi ke 10 industri lainya. Diantaranya Pusat Perbelanjaan, Broker, Hotel, Fasilitas Olahraga, Apartment, Kesehatan, Pusat Rekreasi, Telekomunikasi, Media dan e-commerce.

Di Jakarta anda bisa menemukan beberapa pusat perkantoran karya Ciputra Group yang terkenal dengan kemegahannya, salah satunya adalah Ciputra World Jakarta 1 Jakarta. Ciputra World Jakarta 1 adalah salah satu kompleks perkantoran yang begitu megah karya Ciputra Group yang berada di salah satu segi tiga emas Jl. Dr Satrio, Jakarta Selatan. Kawasan ini adalah satu dari tiga kawasan superblok yang terdiri dari Ciputra World Jakarta 1, Ciputra World Jakarta 2 dan Ciputra World Jakarta 3. Total luas area tanahnya mencapai 15 hektare.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Green Building Council Indonesia, total pertumbuhan sertifikasi Greenship Building mencapai 33 unit gedung dan diprediksi akan semakin bertambah. Nah salah satu gedung perkantoran yang baru saja meraih sertifikasi Greenship Building pada 8 Maret 2018 kemaren adalah Ciputra World Jakarta 1.

Ciputra World 1 Jakarta berada di atas tanah seluas 5,5 hektare dengan 3 menara sebagai ruang perkantoran. Selain itu juga ada, Raffles Hotel & Raffles Residences Jakarta, Ciputra Artpreneur Center (Museum, Theatre & Gallery), My Home Apartemen & Ascott Service Apartment, dan pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue (LoVe).

Beberapa proyek yang dikembangkan oleh Ciputra Groud di Jabodetabek diantaranya:

  • Ciputra Mall & Hotel Jakarta
  • Ciputra World 1 Jakarta
  • Ciputra World 2 Jakarta
  • Ciputra International
  • DIPO Business Centre
  • CitraTowers Kemayoran Jakarta
  • CitraDream Hotel Bintaro
  • CitraDream Hotel Serpong
  • Somerset Grand Citra

Kemampuan Ciputra Group dalam memilih lokasi yang strategis dalam mengembangkan kota mandiri dengan pusat perbelanjaan, zona komersial dan industri yang diintegrasikan dengan transportasi berkelas membuat Ciputra Group sebagai penguasa dunia properti Indonesia. Bahkan telah hingga ke Asia, yaitu Vietnam, Kamboja dan China.

2. Pakuwon Group

Terkenal melalui megaprojeknya membangun Kota Kasablanka, Gandaria City dan Plaza Blok M

Developer yang juga punya reputasi begitu mentereng adalah Pakuwon Group. Perusahaan real estate yang berfokus di Jakarta dan Surabaya ini berdiri sejak tahun 1982 telah membangun beberapa kawasan gedung perkantoran. Selain juga membangun ritel, residensial, komersial dan hospitaliti.

Pakuwon Group adalah pionir konsep bangunan superblock di Indonesia, dimana setiap proyek kawasan yang mereka buat akan terintegrasi dengan mall, perkantoran, kondominium dan hotel. Di Surabaya, beberapa proyek yang dikerjakan Pakuwon adalah apartemen Supermall Mansion di Pakuwon Indah, dan The Peak Residence di Surabaya Tengah, pembangunan TP 5 dan TP 6. Sementara di Jakarta, beberapa proyek kawasan perkantoran yang terkenal adalah:

  • Kota Kasablanka. Yang terkenal sebagai pusat perbelanjaan di Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta Selatan dan beroperasi secara resmi sejak 31 Agustus 2012. Beberapa gedung perkantoran yang ada di kawasan ini misalnya, Prudential Centre yang merupakan gedung perkantoran grade A. Gedung ini terhubung dengan Mall Kota Kasablanka dan Apartemen Casa Grande Residence. Selain itu, juga ada perkantoran grade A Eightyeight Kasablanka, yang berlokasi hanya sekitar 5 menit menuju ke area Jl. Dr. Satrio di CBD. Gedung ini berada di Jalan Casablanca Raya yang bebas jalur ganjil genap.
  • Gandaria City. Tak hanya kawasan perkantoran di Kasablanka, Pakuwon Group juga membangun kawasan Gandaria City, disini anda juga bisa menemukan Gandaria City Mall, gedung perkantoran 32 lantai grade A Gandaria 8 Office Tower, dan Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Kompleks megah ini berada di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
  • Plaza Blok M . Kawasan yang satu ini mungkin sangat familiar bagi siapa saja, pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Plaza Blok M telah berdiri sejak tahun 1990 dengan 7 lantai area shoping dan 13 lantai area parkir.

3. Century Properties Group Indonesia/Duta Mutiara Group

Terkenal membangun pusat gedung perkantoran yang terletak di Equity Tower, Centennial Tower, dan Sahid Sudirman Center.

Perusahaan property yang terkenal sebagai Duta Mutiara Group ini didirikan dan dimiliki oleh Tan Kian, dan diteruskan oleh Nicholas Tan yang merupakan generasi ketiga dari Duta Mutiara Group. Century Properties Indonesia (CPI) lebih dikenal pula dengan nama Dua Mutiara Group. Proyek terbaru CPI adalah pengembangan kawasan South Hills di Kuningan City dan Millennium City di atas tanah lebih dari 1.300 hektar di Bogor. Beberapa kawasan perkantoran CPI adalah:

·         Pacific Place Jakarta. Kawasan perbelanjaan yang terletak di Sudirman Central Business District (SCBD). Bangunan ini terbagi dalam beberapa fungsi, ada mal Pacific Place bertingkat enam, tiga menara hotel The Ritz-Carlton Pacific Place, dan pusat perkantoran One Pacific Place. Semuanya dibangun pada tahun 2005.

·         Centennial Tower. Centennial Tower merupakan gedung yang terbilang gedung perkantoran baru. Salah satu kelebihan gedung ini terletak pada pada design-nya sederhana dan indah. Centennial Tower memiliki 46 lantai yang dilengkapi dengan dual zone lift dan juga lift eksekutif. Soal fasilitas, di Centennial Tower ada bank dan ATM, restoran, dan kantin untuk karyawan.

·         Sahid Sudirman Center. Adalah gedung perkantoran yang terletak di Jakarta Pusat dengan ketinggian mencapai 225 meter dengan 59 lantai. Fungsi utama gedung ini adalah digunakan untuk gedung perkantoran. Sahid Sudirman Center berdiri di lahan seluas 1 hektar, dengan 5 lapis lantai parkir bawah tanah dan 7 lapis lantai parkir atas tanah.

Inilah 3 developer yang memiliki reputasi terbaik di Indonesia. Which is your favorite? Tentu saja, pilihan sewa kantor terbaik pilihan anda tidak hanya memperhitungkan siapa developernya. Masih ada banyak pertimbangan lainya.