Pasona Group, Gedung Kantor Unik Yang Bisa Berkebun Sekaligus Bercocok Tanam

Kantor Unik Pasona Group

Anda tentu sepakat bahwa bekerja di kantor sepanjang hari itu membosankan. Sesekali Anda perlu berdiri untuk sekadar menyapa rekan kerja, membuat kopi manis kesukaan Anda, pergi ke kamar mandi atau menikmati desain kantor menarik seperti taman hiburan layaknya Google. Namun pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk menghabiskan waktu dengan bercocok tanam di kantor?

Ya, hal ini memang terdengar aneh dan tak biasa bagi kita. Namun nyatanya, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil bagi sebuah perusahaan besar di Jepang bernama Pasona Group. Perusahaan yang bergerak di luar bidang pertanian ini memiliki lahan kebun yang wajib dirawat oleh setiap karyawannya. Dengan begini para karyawan dapat beraktivitas sekaligus menghirup udara segar di tengah-tengah kepenatan bekerja.

Jadi, pilihan melipir dan membunuh waktu yang menjenuhkan di kantor untuk bercocok tanam ini bisa jadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Entah sekedar melihat perkembangan tanaman atau menyiram bunga dapat Anda terapkan di pekarangan kantor.

Kantor Unik Pasona Group

Kantor Unik Pasona Group

(Image: Medium)

Konsep unik itu ada di perusahaan Pasona Group, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia tenaga kerja di Tokyo, Jepang. Misinya yaitu ingin berperan dalam mengurangi emisi karbon dioksida, memproduksi kualitas udara yang lebih sehat, menciptakan sistem ketahanan pangan, mengurangi biaya distribusi makanan, mengurangi jumlah pegawai yang bolos, dan berharap bisa untuk meningkatkan kinerja.

Di kantor pusat yang terdiri dari sembilan lantai, Pasona berhasil mengubah bangunan tua kantornya yang telah berusia 50 tahun menjadi gedung berkonsep hijau dan ramah lingkungan. Konsepnya pun sangat menarik. Dari total luas gedung 19.974 meter persegi, di dalamnya terdapat sebuah lahan hijau cukup luas berkisar 3.995 meter persegi. Artinya sekitar seperlima luas gedung adalah luar bercocok tanam.

Luas lahan bercocok tanam tersebut ditanami lebih dari 280 jenis tanaman. Anda bisa menemukan beragam jenis buah-buahan, sayuran, bunga, hingga tanaman herbal dan padi. Semua tanaman diolah sendiri oleh para pegawai kantor. Dari pembibitan, penyiraman, pemupukan, panen, bahkan masak dan dihidangkan untuk santap sendiri, semuanya dilakukan di dalam area kantor.

Kantor Unik Pasona Group

(Image: More Than Green)

Tentu saja untuk menunjang kegiatan yang berfaedah ini, perusahaan menghadirkan ahli pertanian untuk membantu proses penggarapan. Tempat berkebun juga didukung sistem irigasi khusus dan pencahayaan dari listrik yang biasa digunakan untuk bercocok tanam di Jepang.

Perusahaan juga mengatur agar pencahayaan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, mengatur energi yang jauh lebih hemat ketimbang gedung biasa, hingga 30 persen lebih hemat dibanding gedung perkantoran pada umumnya. Suhu udara juga disesuaikan, diatur agar sesuai untuk kebutuhan tanaman dan orang-orang yang ada di dalam gedung.

Farm To Table: dari Kebun Ke Meja Makan

Gedung Unik Pasona Group

(Image: Architizer)

Satu lagi konsep unik yang diterapkan perusahaan ini, yakni “farm to table”. Pasona ingin menghadirkan makanan yang langsung berasal dari kebun hingga ke atas meja makan agar segala sesuatunya benar-benar terjamin. Karena itu, gedung lama Pasona kemudian sengaja diperbaharui sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan konsep hijau yang ingin diterapkan kantor.

Motonobu Sato, selaku Director Urban Farming Pasona Group pernah mengungkapkan bahwa konsep kantor Pasona memang sengaja dibuat untuk menciptakan lingkungan sehat. Selain itu juga bertujuan untuk mengajarkan pada karyawan dan warga Jepang termasuk dunia untuk memahami betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Kalau dilihat dari desain bangunan, kantor Pasona terlihat seperti kubus yang dirambati tanaman hijau. Dari situ Anda pasti sudah bisa melihat konsep hijau dari sekelumit kehijauan yang tertanam di fasad bangunan. Bahkan gedung ini sekejap jadi pusat perhatian karena konsep yang menarik dibanding gedung bertingkat di sekitar bangunan.

Desain gedung Pasona merupakan hasil karya Yoshimi Kono yang sekaligus juga pemilik Kono Design, sebuah perusahaan desain interior bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Gedung Unik Pasona Group

(Image: Dezeen)

Meski terkenal sebagai bangunan hijau, namun Pasona sebenarnya tidak sama dengan bangunan hijau pada umumnya. Kono sang desainer gedung mengatakan bahwa Pasona tak berfokus pada konsep bangunan hijau pada umumnya yang sangat ketat soal penggunaan energi dan efisiensi. Tapi Pasona lebih bercerita soal ide sebuah bangunan hijau yang sengaja ingin mengubah pikir orang-orang pada pola hidup sehari-hari, dan pilihan karier mereka.

Pasona seolah menjadi bukti bahwa di antara pilihan-pilihan gaya hidup di era ini, masih banyak ruang yang nyatanya belum dieksplorasi manusia secara optimal. Termasuk berkaitan dengan konsep gedung ramah lingkungan. Kono ingin memperlihatkan kalau sebenarnya berkebun itu tak hanya bisa dilakukan di tanah horizontal, melainkan bisa pula dilakukan di sela-sela gedung raksasa yang dibangun vertikal.

Mampu Kurangi Biaya Distribusi Makanan

Gedung Unik Pasona Group

(Image: iGrow News)

Tak bisa dipungkiri lagi Pasona dengan ide gila yang diterapkannya memiliki beragam faedah luar biasa. Setidaknya Pasona mampu mengurangi biaya distribusi makanan untuk keperluan kantor dan karyawan karena semua yang diolah kantin berasal dari kantor sendiri.

Hal ini sejalan dengan apa yang jadi misi Pasona yaitu memperhatikan generasi yang ingin mengubah gaya hidup. Salah satu caranya adalah dengan aktif mengikat mereka untuk memperlihatkan secara langsung bagaimana metode cocok tanam di Jepang bisa bersinggungan dengan gaya hidup yang sibuk.

Gedung Unik Pasona Group

(Image: Architizer)

Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata konsep semacam ini bisa membuat kinerja karyawan jadi lebih baik. Laporan dari perusahaan menyebutkan hingga 80 persen pegawai setelah diterapkan konsep kerja semacam ini jadi lebih bersemangat. Bahkan meningkatkan kinerjanya.

Bahkan menurut laporan Dezeen, peningkatan kinerjanya hingga mencapai angka 12 persen. Selain itu, konsep ini juga berhasil mengurangi gejala-gejala ketidaknyamanan yang ada di kantor hingga angka 23 persen. Efeknya angka bolos jadi menurun drastis.

Dengan begini, akankah perusahaan Anda ingin mencoba hal baru ini? Ingat, Indonesia adalah salah satu negeri agrikultural terbesar di dunia. Jadi hal ini seharusnya juga dapat kita terapkan dengan mudah. (Source: Kompas.com)