Pengaruh Pilihan Warna Ruang Kantor pada Suasana Hati

Warna Ruang Kantor

Setelah Anda menyelesaikan proses sewa kantor dan mendapatkan ruang kantor idaman Anda, itu artinya masih ada tahapan berikutnya demi memenuhi ruang kantor yang ideal, yaitu ke tahapan desain ruang kantor. Untuk itu, diperlukan adanya beragam jenis peralatan kantor untuk memenuhi peralatan standard di dalam kantor, kemudian mulai menata desain interior, hingga membuat partisi serta menyesuaikan warna ruang kantor.

Pentingnya Pilihan Warna

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa warna dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Itulah mengapa banyak desainer yang memadupadankan warna-warna tertentu pada karya busananya. Bahkan warna bisa dimanfaatkan sebagai terapi pada ilmu psikologi dan medis. Warna yang sering dipakai adalah warna netral yaitu hitam dan putih, warna tersebut dianggap warna abadi.

Lalu bagaimana penggunaan warna pada sebuah bangunan, baik gedung, rumah, kantor maupun bangunan lainnya. Kebanyakan menggunakan warna putih sebagai warna dasar. Namun, tahukah Anda bahwa pilihan warna pada desain ruang atau sebuah kantor memiliki manfaat bagi suasana hati pekerjanya?. Untuk itu cari tahu warna apa saja yang baik diaplikasikan pada sebuah ruangan kantor, berikut penjelasannya:

1. Warna Biru

Warna Ruang Kantor
Image: Pinterest

Secara umum warna biru memiliki makna sebagai warna penenang, dan membuat suasana hati lebih rileks. Ruangan kantor yang memakai warna ini, umumnya bertujuan agar pegawainya merasa nyaman dan menikmati apapun jenis pekerjaannya. Namun warna biru juga punya dampak negatif. Terutama bila diaplikasikan secara berlebih, seperti efek depresi dan juga perasaan sedih.

2. Warna Merah

Warna Ruang Kantor
Image: officelovin.com

Warna merah memiliki arti warna yang menyala, ambisi, juga agresif. Apabila diaplikasikan pada sebuah ruang kerja, jenis warna ini dapat otomatis mempertegas karakter ruangan, menghadirkan kehangatan suasana hati bagi pegawai, serta menciptakan reaksi emosi bagi kaum pria. Pengaruhnya pada kesehatan pun dapat mendeteksi tekanan darah, getaran denyut nadi juga pernapasan yang tergambar melalui warna ini.

3. Warna Kuning

Warna Ruang Kantor
Image: retaildesignblog.net

Karakter warna kuning diartikan sebagai warna yang penuh keceriaan, dan percaya diri. Sebuah ruangan yang menggunakan warna ini akan terpancar aura positif seperti suasana hati menjadi hangat, penuh percaya diri, meningkatkan mood kerja juga aura baik bagi partner kerja. Apalagi warna kuning dikombinasikan dengan warna lain yang lebih kalem. Akan terasa lebih nyaman dan pasti membuat pekerja merasa betah berada di dalam ruangan.

4. Warna Hijau

Warna Ruang Kantor
Image: cky.com

Ibarat pepohonan yang berwarna hijau, pasti setiap mata memandang warna ini akan merasa lebih tenang, damai dan juga nyaman. Warna hijau memiliki arti sebagai warna yang berkesan menyegarkan dan menenangkan mata. Warna ini sangat baik diaplikasikan pada ruangan istirahat atau kamar tidur.

Pilihan warna hijau yang lembut akan membuat ruangan kantor menjadi lebih menyenangkan, dan pekerja tidak akan merasa bosan. Anda juga dapat mengaplikasikan warna hijau dalam bentuk tanaman yang terpajang di beberapa sudut ruangan. Udara dalam kantor pun terasa lebih segar dan sejuk.

5. Warna Oranye

Warna Ruang Kantor
Image: 3form.com – Pinterest

Salah satu jenis warna yang melambangkan kebahagiaan adalah warna oranye. Warna ini sangat kental dengan warna yang memberikan kesan ramah, bersahabat, dan juga kenyamanan. Pilihan warna oranye lembut pada dinding ruang kantor akan membawa aura positif bagi setiap orang yang berada didalamnya. Pekerja akan merasa nyaman, hangat, semangat dan ceria.

Namun, perhatikan penggunaan warna oranye yang berlebihan, karena bisa berdampak kepada kebosanan, menyilaukan mata, dan terlihat ruangan menjadi sempit.

6. Warna Cokelat

Warna Ruang Kantor
Image: contemporist – Pinterest

Warna cokelat identik dengan warna yang natural atau back to nature. Selain warna hijau, coklat juga dapat memberikan suasana menyegarkan dan juga hangat. Suatu ruangan seperti ruang kantor yang diwarnai dengan warna coklat dapat memantulkan suasana nyaman, teduh, hangat, dan juga menenangkan. Warna coklat dapat dikombinasikan dengan furniture atau aksesoris menarik, yang dapat menambah tampilan semakin berwarna.

7. Warna Putih

Warna Ruang Kantor
Image: http://asgoneaudesign.com

Jenis warna putih sangat umum dan menjadi dasar dimanapun penggunaannya. Selain memiliki kesan netral, warna putih membuat sebuah ruangan minimalis terlihat besar juga luas. Kesan elegan juga dapat terpancar dari warna ini, setiap ruang berwarna putih mampu membuat suasana ruangan jauh lebih hidup. Warna putih bisa dikombinasikan dengan warna lain, ditambah dengan ornamen lain semakin memberikan kesan cantik dan menarik. Memilih warna ini berarti Anda memiliki karakter kuat dan menyukai warna yang menenangkan.

8. Warna Hitam

Warna Ruang Kantor
Image: Office Snapshots – Pinterest

Kesan warna hitam secara umum memang terlihat gelap dan kelam, namun jika dikombinasikan dengan menarik dapat menambah kesan indah. Ungkapan dari warna hitam pada sebuah ruang kerja, akan menampilkan suasana elegan, ambisi, juga lambang keseriusan. Sebaiknya penggunaan warna hitam dapat diaplikasikan dengan jenis warna kombinasi dan juga penambahan aksesoris lain sehingga tidak menimbulkan suasana hati menjadi gelisah, takut atau suram.

9. Warna Ungu

Warna Ruang Kantor
Image: Office Snapshots

Warna ungu menjadi warna penuh keindahan, kemewahan, indah dan menenangkan. Segala produk yang bernuansa ungu pasti terkesan mengagumkan, oleh karena itu banyak wanita yang menyukai warna ini. Kelembutan pemilihan warna ungu dalam ruangan kantor dapat membawa aura ketenangan, kenyamanan, kesejukan, ketertarikan juga menghalau mata terasa lelah.

Kombinasi tata ruang, ornamen aksesoris dan warna dinding menjadikan aura ruangan menjadi lebih hidup. Sehingga pegawai akan merasakan kesejukan, motivasi dan semangat dalam beraktivitas.

10. Merah Muda

Warna Ruang Kantor
Image: designtrends.com

Salah satu jenis warna yang cocok diaplikasikan pada perusahaan yang identik dengan feminin. Terutama bila banyak pekerjanya adalah perempuan muda. Warna ini memiliki sifat mirip dengan warna merah. Hanya saja terlihat lebih lembut. Efek positif penggunaan warna ini mampu meningkatkan energi, motivasi, dan aktivitas pekerja.

Warna pink atau merah muda juga kerap digunakan bagi perusahaan yang menempati kantor dalam ruko ataupun rumah. Keleluasaan dalam mengatur desain memang dapat dilakukan dalam jenis gedung ruko ataupun di rumah. Namun usahakan untuk tidak membuat warna ini terlalu dominan, padu padankan dengan warna soft lainnya agar semakin memanjakan mata.

Masih banyak pilihan warna menarik lainya yang bisa diaplikasikan sebagai warna ruang kantor idaman Anda. Namun di samping itu, penting pula bagi Anda untuk menyesuaikan warna yang mewakili karakter perusahaan, sehingga para tamu perusahaan yang sedang berkunjung pun tetap dapat mengenali image perusahaan Anda saat melihat interior yang rupawan.