Pengertian Desain Interior Dan 7 Contoh Desain Interior Kantor Terbaik Di Jakarta

Sama seperti rumah, situasi dan kondisi kantor memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, penataan ruang kantor perlu dilakukan dengan benar, agar para pegawai di dalamnya dapat bekerja dengan nyaman dan aman. Salah satu kunci sukses menata ruang kantor yang bagus terletak pada desain interior yang diterapkan. Namun ayangnya, tak banyak yang benar-benar memahami tentang apa itu desain interior dan manfaatnya.

Pengertian Desain Interior

Secara harfiah, desain interior dapat diartikan sebagai desain yang berkaitan dengan segala hal yang berada dalam sebuah ruangan, atau dapat dikatakan sebagai penataan perabot suatu ruangan. Desain interior ini mencakup beberapa aspek di dalamnya, dari mulai pencangan bagian dalam hingga mengatur proyek sebagai tahap akhir.

Dari asal katanya, desain interior terdiri dari dua kata: desain dan interior. Desain bisa diterjemahkan sebagai arsitektur, seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Desain bisa menjadi kata benda sekaligus juga bisa jadi kata kerja. Sebagai kata kerja, desain memiliki arti sebagai proses menciptakan atau membuat objek baru. Sedang sebagai kata kerja, desain berarti hasil dari pencitaan kreatif.

Interior bisa diartikan sebagai bagian dalam, yang berada di dalam, atau yang dalam. Interior erat kaitannya dengan komponen yang berada di dalam. Jika dihubungkan dengan bangunan, maka interior erat kaitannya dengan yang berhubungan dengan furnitur, pemilihan cat, penataan ruangan, penggunaan tangga dan sebagainya yang berhubungan dengan bagian dalam sebuah bangunan.

Dari pengertian di atas setidaknya bisa kita tarik kesimpulan mengenai apa yang disebut dengan desain interior. Sama seperti yang dikatakan oleh Suptandar (1995: 11), bahwa desain interior adalah sebuah ilmu atau cara pengaturan ruang dalam sehingga memenuhi persyaratan untuk memperoleh kenyamanan, kepuasan kebutuhan fisik dan spiritual serta keamanan bagi pemakainya tanpa mengabaikan faktor estetika.

Desain interior bisa pula disebut sebagai ilmu yang menggabungkan seni dengan sains, karena dalam mengatur atau menata ruangan perlu dipertimbangkan antara keindahan dan juga kesehatan orang-orang yang berada dalam bangunan tersebut. Oleh karena itu, dalam desain interior perlu diperhatikan tepat tidaknya ukuran ruangan yang digunakan, kalkulasi udara dan lain sebagainya.

Contoh Desain Interior Kantor Menarik

Tanpa adanya desain interior suatu bangunan atau kantor, maka aktivitas tidak dapat berjalan secara maksimal. Sehingga perlu mengatur sedemikian rupa dalam menciptakan kantor atau ruangan yang nyaman, aman, sehat, dan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan serta kinerja para pegawainya. Untuk itu, Anda bisa temukan beberapa bangunan kantor di Jakarta yang punya desain interior menarik:

1. Jakarta Creative Hub

Desain Interior Kantor

(Image: Crafters.com)

Contoh desain interior kantor terbaik yang pertama yakni Jakarta Creative Hub. Kantor ini berada di Jakarta Pusat, khususnya lantai 1 Gedung Graha Niaga Thamrin yang hadir sebagai tempat berkumpulnya para pengusaha muda kreatif.

Desain kantor ini memiliki 3 ruang kelas, yakni ruang A, B, dan C. Ruangan tersebut berisi mesin-mesin kantor, mesin produksi, ruang bersama, perpustakaan, fasilitas lain, dan sebagainya. Kantor ini mampu mendukung usaha dalam bidang karya seni, fashion, komunikasi, arsitektur, dan desain produk.

 

2. HPI AGRO

Desain Interior Kantor

(Image: Gema Intermulia)

Desain interior kantor kedua yakni HPI AGRO. Kantor ini memiliki nuansa agribisnis yang ramah lingkungan serta berkelanjutan. Alasan lain diterapkannya kantor bernuansa agribisnis ramah lingkungan ini adalah untuk memberikan kenyamanan dan suasana lingkungan kantor yang nyaman dan terbaik bagi para pegawai yang bekerja di dalamnya.

Dengan begitu, para pegawai dapat mempertahankan kinerjanya, bahkan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

 

3. Priorindo Muliatama

Desain Interior Kantor

(Image: majalahasri.com)

Jika tadi Anda melihat konsep industrial, ada pula kantor-kantor yang mengusung konsep a la warehouse yang didominasi oleh sentuhan kayu. Salah satu yang sukses mengaplikasikan konsep ini ke dalam kantornya adalah Priorindo Muliatama. Tak heran jika desain kantornya semenarik ini, Priorindo Muliatama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang interior desain dan arsitektur di Indonesia yang sukses menghadirkan konsep menarik untuk rumah ataupun kantor.

 

4. Maverick Indonesia

Desain Interior Kantor

(Image: Maverick)

Sedangkan desain interior kantor satu ini lebih mengarah ke suasana industrial yang lekat akan ornament kayu dan kontainer. Desain seperti ini dapat Anda temukan di sebuah kantor konsultan komunikasi ternama yakni Maverick. Suasana dalam kantor ini terasa begitu nyaman dan intimate, serta menjadi pemandangan baru yang jarang ditemukan di kantor-kantor Indonesia.

 

5. Ogilvy & Mather

Desain Interior Kantor

(Image: officesnapshots.com)

Siapa yang tak kenal perusahaan besar di bidang advertising agency ini? Yap, Ogilvy & Mather merupakan asal perusahaan dari New York yang memiliki kantor cabang di Jakarta. Sebagai perusahaan yang menjadi ajang lalu lintas ide kreatif, maka tak heran jika desain interior kantor ini sangat menarik perhatian. Penggunaan warna-warni serta tatanan ruang yang modern membuat tampilannya begitu artsy. Untuk Anda yang mencari pekerjaan di bidang advertising agency dan ingin merasakan suasana kantor menarik, Ogilvy & Mather bisa jadi pilihan tepat!

 

6. Bukalapak

Desain Interior Kantor

(Image: thecolourofindonesia.com)

Sekarang mari beralih ke perusahaan jenis startup yang kini semakin menunjukkan eksistensinya di ibu kota. Banyak sekali startup yang muncul dengan tampilan kantor super kreatif, sehingga menarik perhatian para millennials. Salah satu kantor yang banyak dikenal masyarakat dengan kantornya yang menarik adalah Bukalapak. Perusahaan e-commerce besar ini mengusung konsep “pasar malam” di mana setiap sisi ruangan diberi nama unik pula, yaitu “Terrace Garden”, “Pantry Kongkow”, “Ruang Santai Games”, dan bahkan ada ruangan gym-nya!

7. Go-Jek

Desain Interior Kantor

(Image: arsitag.com)

Terakhir, tentu tak ada yang tak kenal perusahaan raksasa di Indonesia ini. Bahkan saking meluasnya nama brand ini, bahkan layanan Go Jek mulai merambah ke luar negeri. Dengan kesuksesannya ini, maka tak heran jika Go-Jek memiliki desain kantor teramat menarik dengan tatanan ruang rapi. Bahkan menariknya diberi gambar a la jalan aspal pada lantai yang menggambarkan konsep driver Go-Jek. Hingga saat ini Go-Jek menjadi salah satu perusahaan yang diminati oleh banyak kalangan. (Source: IDNTimes.com)