Pentingnya Partisi Ruang Kantor dan Contohnya

Partisi Ruang Kantor

Jika diperhatikan, hampir di semua perusahaan atau instansi di kota-kota besar menggunakan partisi ruang kantor sebagai penyekat antar karyawan. Selain berfungsi sebagai pembatas ruangan, partisi ruang kantor juga memiliki fungsi menjaga privasi masing-masing staff agar dapat bekerja lebih optimal.

Penggunaan partisi ruang kantor secara tidak langsung juga menekan biaya operasional perusahaan karena ramah budget. Terutama bila dibandingkan dengan dinding ruangan permanen. Terlebih lagi, beberapa tipe partisi ruang kantor sangat efektif digunakan karena bisa dibongkar pasang dengan mudah tanpa memakan waktu, tahan lama juga awet.

Pentingnya Partisi Ruang Kantor

Partisi Ruang Kantor

(Image: loftwall.com)

Bagi Anda yang masih ragu tentang perlu atau tidaknya perusahaan Anda menggunakan partisi ruang kantor, beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa menghilangkan keraguan Anda.

1. Membagi area ruangan kantor ke dalam beberapa bagian

Alasan pertama mengapa sebuah kantor perlu menggunakan partisi ruang kantor adalah sebagai penyekat antara satu ruangan dengan ruangan lain. Perlu menjadi perhatian bahwa setiap staff dalam perusahaan memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda.

Bayangkan jika beberapa karyawan berada dalam satu meja oval besar tanpa sekat. File-file berupa kertas, dokumen, dan surat penting akan  tercecer, bahkan bercampur antara staff satu dengan staff lainnya.

Tentunya ini akan menimbulkan kesan tidak rapi dan menghambat kinerja masing-masing staff. Anda tidak ingin ini terjadi pada perusahaan Anda, bukan?

2. Memberikan privasi kepada staff karyawan perusahaan

Anda ingin mendapatkan hasil kerjaan yang optimal dari setiap staff karyawan di perusahaan Anda? Penggunaan partisi ruang kantor bisa menjadi solusinya. Dengan adanya pembatas ruangan berarti Anda sedang memberikan privasi kepada setiap staff karyawan di perusahaan Anda.

Selanjutnya, diharapkan dengan adanya privasi setiap staff karyawan ini bisa memacu mereka untuk bekerja lebih baik dengan hasil yang lebih optimal karena terbebas dari gangguan staff karyawan lainnya.

(Baca Juga: 10 Cara Membuat Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas Nan Nyaman)

3. Menghemat biaya operasional perusahaan

Penggunaan partisi ruang kantor dapat menghemat biasa operasional perusahaan Anda. Bagaimana tidak? Dilihat dari segi biaya, partisi ruang kantor memiliki budget yang lebih murah dalam pengerjaannya bila dibandingkan dengan pemasangan sekat ruangan permanen.

Jika Anda penyuka gaya minimalis, Anda bisa memilih partisi ruang kantor yang menggunakan bahan kaca. Kesan lebih lebar pada kaca akan membuat partisi kantor Anda memiliki double fungsi yaitu penyekat dan pemercantik desain interior ruang kantor Anda.

4. Efisiensi waktu dalam pemasangan

Saat Anda memutuskan untuk memilih partisi ruang kantor daripada Anda memasang sekat ruangan permanen berati Anda telah melakukan efisiensi pada waktu Anda. Beberapa partisi ruang kantor bisa dibongkar pasang dengan mudah, tanpa memakan waktu yang lama dalam pemasangannya.

Bahkan pada prakteknya, ada beberapa bahan partisi ruangan kantor yang awet dan ramah lingkungan. Menarik, bukan?

5. Mendefinisikan fungsi ruang kantor

Fungsi utama dari sebuah partisi ruang kantor adalah mendefinisikan kegunaan dari sebuah ruangan yang akan dipisahkan sehingga aktifitas pada masing-masing ruangan kantor dapat dibuat lebih spesifik.

Dengan mengetahui kegunaan masing-masing ruangan yang telah disekat tadi berarti Anda telah menanamkan image profesional pada staff karyawan di perusahaan Anda.

6.Sebagai elemen penghias interior ruang kantor

Tidak hanya berfungsi sebagai penyekat ruangan. Lebih lanjut, beberapa partisi ruang kantor telah mengembangkan fungsinya sebagai penghias interior ruang kantor. Anda bisa mengubah ruang kantro Anda dengan berbagai desain yang menawan atau memasang beberapa hiasan pada partisi ruang kantor Anda.

Dengan memiliki partisi ruang kantor yang elegan, tentunya memberikan kenyamanan bagi staff karyawan di perusahaan Anda, sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan dengan konsentrasi tinggi, cekatan, dengan hasil kerjaan maksimal.

7. Meningkatkan kedisiplinan staff karyawan perusahaan

Siapa yang tidak senang memiliki ruangan kantor yang nyaman, rapi, dengan sekat yang menjaga setiap privasi pekerjaan? Jika Anda sebagai pemilik perusahaan Anda saja merasa senang melihat ruangan kantor Anda yang tersekat dengan sempurna, apalagi dengan karyawan Anda.

Tentunya mereka akan lebih senang memiliki ruangan yang terjaga privasinya. Sebagai balasannya, Anda tentu tidak akan rugi, karena karyawan Anda akan datang lebih pagi dan disiplin setiap weekdays untuk bekerja di perusahaan Anda.

Beberapa Contoh Partisi Ruang Kantor

Setelah Anda memutuskan untuk memilih partisi ruang kantor sebagai penyekat ruangan kantor Anda, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis partisi modern apa saja yang dapat dijadikan partisi ruang kantor.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa setiap partisi ruang kantor mempunyai karakteristik sendiri sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Empat jenis partisi ruang di bawah ini adalah yang umum digunakan sebagai partisi ruang kantor.

1. Partisi kaca

Partisi Ruang Kantor

(Image: iconinteriors.net.au)

Jika Anda menyukai suasana terang, Anda bisa memilih partisi kaca sebagai penyekat ruang kantor Anda. Kaca sendiri memiliki sifat meneruskan cahaya yang dilewatinya, sehingga dengan memilih partisi ruang kantor berbahan dasar kaca membuat ruang kantor Anda terkesan lebih terang dan luas.

Manfaat partisi kaca mampu mengurangi kebisingan di dalam ruang kantor. Sayangnya, partisi jenis ini tidak cocok untuk staff karyawan yang membutuhkan privasi tinggi karena dapat memecah konsentrasi mereka dalam bekerja.

2. Partisi bilik

Partisi Ruang Kantor

(Image: Dekorrumah.net)

Partisi bilik adalah partisi yang paling umum digunakan sebagai partisi ruang kantor. Bilik memiliki sifat yang nyaman dan fleksibel karena dapat dengan cepat merubah posisinya dengan menggerakkan dinding bilik tersebut.

Biasanya, partisi bilik terdiri dari 4 dinding dan ada sebuah pintu yang bisa digunakan untuk masuk dan keluar ruangan.

3. Partisi kantor portabel

Partisi Ruang Kantor

(Image: Jaya Office Furniture)

Bagi karyawan yang sering mobile dan berpindah-pindah ruangan, Anda bisa memberikan solusi dengan menggunakan partisi kantor portabel. Dengan demikian, Anda bisa menekan budget jika suatu saat karyawan Anda harus pindah ke kantor cabang baru. Partisi kantor portabel bisa dibongkar pasang dengan mudahnya.

4. Partisi Accordion

Partisi Ruang Kantor

(Image: hebrew.alibaba)

Accordion adalah semacam dinding yang mirip dengan partisi portabel karena dapat dipindahkan dengan cepat dan mudah dari satu tempat ke tempat lain. Bedanya, partisi Accordion memiliki tempat penuh dari atap/langit-langit sampai ke lantai. Cara kerjanya sangat mirip dengan alat musik Accordion, itulah mengapa partisi ini memiliki nama yang sama yaitu Accordion.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan partisi ruang kantor pada perusahaan Anda. Pastikan Anda memilih partisi ruang kantor sesuai dengan kebutuhan staff karyawan Anda dengan bijak untuk menghemat ruang dan biaya oerpasional perusahaan yang Anda pimpin.