Pentingnya Pulang Kantor Tepat Waktu Demi Hidup Seimbang

Pulang Kantor Tepat Waktu

Prioritas setiap orang itu tentu berbeda. Ada yang sangat menjungjung dedikasi, ada yang biasa aja, ada yang seenaknya saja. Namun yang perlu jadi patokan adalah bagaimanapun tipe Anda, pulang kantor tepat waktu adalah hal terbaik yang harus Anda lakukan, setidaknya mulai sekarang.

Mengapa? Sebab pula kantor tepat waktu memiliki banyak manfaat. Tidak hanya manfaat pada kehidupan sosial Anda, tetapi juga manfaat lainnya. Berikut alasan mengapa penting pulang kantor tepat waktu.

1. Kesehatan

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: Interhealthusa.com

Alasan kesehatan selalu menjadi old school advice setiap kali kita mendengar ini. Terdengar membosankan memang. Tapi sadarilah alasan kesehatan memang alasan paling utama bagi kita untuk memutuskan selalu pulang tepat waktu.

Coba bayangkan karir yang Anda bina sekian lama akan berantakan begitu saja jika Anda sakit. Iya, maksudnya sakit yang parah yang membuat Anda tidak bisa berproduktifitas lagi. Lain halnya jika hanya sakit ringan seperti flu atau demam, hal ini tidak akan terlalu signifikan menghentikan karir atau membuatnya terbengkalai.

2. Stress

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: abicord.com

Beban kerja yang menumpuk dan tiada habisnya serta ditambah pola kerja Anda yang menyebabkan Anda tidak bisa pulang kantor tepat waktu adalah pemicu stress yang bisa berakibat fatal. Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun sejalan dengan berlalunya waktu stress akan membuat Anda seperti orang linglung yang tidak tahu mau berbuat apa selain kerja dan kerja.

Kehidupan rumah tangga akan terganggu, keceriaan yang seharusnya Anda miliki hilang, bahkan Anda tidak bisa berpikir yang lain selain kerja dan kerja.

Jika sudah demikian, Anda kemungkinan telah terkena gejala stress. Segeralah rubah pola kerja Anda, jadikan agenda pulang kerja tepat waktu adalah agenda yang selalu harus dilaksanakan setiap hari.

3. Manusia bukanlah mesin

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: globalwomenconnected.com

Sadarilah bahwa kapasitas tubuh kita ada batasannya. Manusia tidak bisa terus menerus bekerja di luar batas kemampuannya. Maka dari itu pula Pemerintah telah menetapkan jam kerja yang sesuai dengan berbagai macam pertimbangan baik dari pihak medis maupun pihak pengusaha.

Idealnya kita bekerja 8 jam sehari. Lebih dari itu kualitas kerja pun sudah tidak maksimal. Kelelahan hanya akan mengakibatkan menurunnya produktifitas kerja.

4. Kehidupan yang seimbang

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: Adventure Associates

Setiap orang bekerja untuk menghasilkan uang yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun apa jadinya apabila kebutuhan hidupnya sendiri tidak mendapat perhatian. Kita terfokus pada dunia kerja dan kerja. Lantas apa yang kita dapatkan dari kehidupan kita yang lain?

Ingat, kita punya keluarga, teman dan kerabat. Apakah kita hanya akan menghabiskan waktu hanya mengurusi kerja semata ? Untuk apa uang yang kita dapat apabila kita tidak punya kehidupan lain?

Hidup itu idealnya seimbang baik dunia kerja dan dunia hiburan. Yang dimaksud hiburan di sini adalah kebahagiaan berada di antara orang-orang tersayang. Bukankah Anda tidak berada di sekitar orang tersayang di saat bekerja? Yang ada hanya si boss dan klien, thok!

(Baca Juga: 10 Tanda Lingkungan Kerja yang Mulai Terasa Tak Sehat di Kantor)

5. Lembur bukan berarti loyalitas kerja

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: coodes.co.uk

Jangan salah paham dalam mengartikan loyalitas. Anda bekerja lembur salah-salah diartikan bahwa Anda orang yang tidak kompeten dalam mengatur waktu. Bukannya untung malah buntung. Rugi yang dimaksud di sini pun dalam artian banyak hal.  Yang tadinya Anda ingin memberi kesan baik, justru berujung terkena cibiran.

6. Pekerjaan tidak akan ada habisnya

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: tuition.id

Bila Anda merasa pekerjaan tidak dapat diselesaikan pada satu hari, maka tinggalkanlah. Memang begitulah adanya. Pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya. Karena apabila pekerjaan telah habis, then it’s over.

Bayangkan, jika sudah tidak ada pekerjaan untuk Anda, buat apa employer mempekerjakan Anda? Maka bersyukurlah jika masih ada pekerjaan buat esok hari.

7. Disiplin

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: thelanterngroup.wordpress.com

Dengan membiasakan diri pulang kantor tepat waktu, Anda telah melatih kedisiplinan bagi diri sendiri. Jangan jadikan alasan “saya mah tidak punya siapa-siapa untuk menghabiskan waktu di rumah, lebih baik ngantor”. Hal itu hanyalah alasan fiktif.

Bukan berarti karena kita tidak memiliki siapa-siapa dan hal yang membuat kantor sebagai tempat pelarian. Walaupun kita merasa sebatang kara, latihlah diri Anda secara disiplin mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan pulang kantor tepat waktu pula.

Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik seandainya mulai membiasakan diri disiplin. Itu akan terbawa dalam kehidupan sosial Anda ke depannya.

8. Anda perlu membahagiakan diri

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: @bhuppigraphy – Unsplash

Setiap orang pasti memiliki hobi dan passion terhadap hal lain selain kerja. Itulah salah satu alasan kenapa kita mesti pulang kantor tepat waktu. Beri hadiah atas kerja keras Anda dengan memberikan waktu terhadap diri untuk menjalankan hobi yang menyenangkan. Bisa seperti melukis, travelling, wisata kuliner dan masih banyak lagi hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki waktu luang.

9. Kontrol diri

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: businessadministrationinformation.com

Bisa pulang kerja tepat waktu setiap saat, sama artinya Anda bisa mengontrol diri. Mengontrol dari banyaknya kerjaan, mengontrol diri dari godaan sepanjang perjalanan pula dan lain sebagainya. Kemampuan mengontrol diri membuat Anda semakin dewasa.

10. Keluarga yang utama

Pulang Kantor Tepat Waktu
Image: depositphotos

Sudah semestinya semua orang menempatkan keluarga sebagai prioritas utama dalam hidupnya. Memang dengan bekerja kita memberi nafkah untuk keluarga. Namun bukan berarti keluarga hanya mendapat tempat kedua di hidup kita.

Coba merenung sejenak, jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk urusan kantor, tiba-tiba Anda sakit. Apakah anda yakin kantor akan memperhatikan Anda selayaknya keluarga mengurusi Anda? Nearly 100% NO! Perusahan akan dengan mudah pasang iklan mencari pengganti Anda sebagaimanapun hebatnya Anda. Tapi keluarga? Apakah semudah itu mencari pengganti Anda?

Mumpung belum terlambat, perbanyaklah waktu bersama keluarga. Berilah kasih sayang yang melimpah kepada anak-anak anda. Karena doa mereka yang dapat mengantarkan Anda ke kehidupann yang lebih baik di alam sana.

Poin utamanya adalah, sadarilah menjadi workaholic atau pekerja terlalu keras itu tidak baik. Life balance is much better. Seimbangkan semua aspek dalam hidup Anda, agar semua dapat berjalan dengan baik.