Selesai Tahun Depan, Thamrin Nine Tower 1 Bakal Jadi Gedung Tertinggi

Thamrin Nine Tower 1

Jika Anda bertanya gedung tertinggi di Indonesia saat ini, maka jawabannya adalah Gama Tower yang menjulang 285,5 meter. Tetapi bila Anda bertanya satu tahun ke depan, maka predikat itu menjadi milik Thamrin Nine Tower 1. Bahkan setidaknya hingga tahun 2020.

Sementara Gama Tower akan melorot ke posisi keempat, digantikan oleh Indonesia One North Tower dan Indonesia One South Tower di posisi kedua dan ketiga secara berurutan.

Selesai Tahun 2019

Thamrin Nine Tower 1
Image: Skyscraper Center

Bila mengacu pada CTBUH, Thamrin Nine Tower 1 masuk dalam kategori gedung supertall atau di atas 300 meter. Lebih tepatnya, gedung yang dikembangkan oleh PT Putragaya Wahana ini dirancang dengan tinggi 333,5 meter yang mencakup hingga 70 lantai.

Gedung ini masuk dalam proyek pengembangan kawasan Thamrin Nine seluas 5,2 hektar dengan total luas bangunan 470.000 meter persegi.. Nantinya di kawasan tersebut bakal berdiri dua Tower, Thamrin Nine Tower 1 dan Thamrin Nine Tower 2. Untuk Thamrin Nine Tower 2 rencananya baru akan selesai pada tahun 2022.

Sementara untuk Thamrin Nine Tower 1 kontruksinya sudah mulai bisa dilihat, pada bulan Juli tahun 2018 saja pembangunannya telah mencapai 32 persen. Rencananya, gedung tertinggi nomor 96 di dunia ini bakal dijadwalkan topping off (tutup atap) pada tahun depan dan beroperasi 2020.

Michael Winner selaku Direktur Desain PT Putragaya Wahana menjelaskan bahwa Thamrin Nine Tower 1 dan 2 nantinya akan menjadi area perkantoran dengan kelas A yang bakal memiliki fasilitas seperti retail podium, pusat olahraga, fasilitas komersial, fasilitas hiburan serta hotel bisnis kelas atas dan hotel mewah. Sehingga nantinya, Thamrin Nine bakal menjadi bangunan kota terpadu yang ideal.

Hemat Energi

Thamrin Tine Tower 1
Image: kpf.com

Tak sekadar jangkung dan berstandar Internasional kelas A. Gedung ini juga dirancang hemat energi sebagaimana yang diungkapkan oleh Michael dilansir SewaKantorCBD.com dari Kompas.com, “It is a world ‘A’ class building. Dirancang hemat energi hingga 30 persen,” papar Michael.

Bukti gedung karya Kohn Pedersen Fox Association ini hemat energi dan ramah lingkungan adalah sertifikasi Green Mark dari BCA Singapura dengan peringkat Platinum yang telah dikantongi gedung.

Meski demikian sekalipun gedung berklasifikasi A, ruang perkantoran Thamrin Nine 1 akan disewakan dengan harga yang cukup terjangkau dikelasnya, Rp 300.000 per meter persegi per bulan. Papar Presiden Direktur PT Putragaya Wahana Alvin Gozali.

Harga itu didasari atas perkembangan perekonomian yang dinilai Alvi Gizali belum pulih. “Namun kami optimistis akan tersewa maksimal”, imbuhnya, “Apalagi saat ini pasokan perkantoran yang berada di kawasan Thamrin ketika Thamrin Nine Tower 1 beroperasi hanya ada dua gedung. Hanya ada gedung ini dan Indonesia One,” jelas Alvin.

Pembangunan kawasan ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap I mengembangkan Thamrin Nine Tower 1 yang bakal menjadi ruang perkantoran dan hotel supermewah Waldorf Astoria Hotels and Resorts.

Di samping itu juga ada apartemen Le Parc yang dijual strata title mencakup The Terrace 53 unit, The Mansion 30 unit, dan The Town Homes 25 unit. Sampai dengan saat ini, harga apartemen Le Parc di luar PPN menurut Sales Manager Rajiv Vasandani sudah menembus angka Rp 75 juta per meter persegi, di mana sudah 60 persen terjual.

Secara keseluruhan nilai investasi Thamrin Nine mencapai Rp 6,5 triliun. Nantinya kompleks ini bakal dirancang terhubung ke Stasiun MRT Dukuh Atas melalui terowongan bawah tanah. Bahkan Stasiun Sudirman Baru dan Bandara Soekarno-Hatta bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. (Source: Kompas.com)