Seperti Ini Tampilan Gedung dengan Air Terjun Setinggi 108 Meter

Dari sekian banyak ide kreatif bangunan di dunia, pernahkah Anda melihat gedung pencakar langit yang dihiasi oleh air terjun di sepanjang kaca? Sebuah gedung pencakar langit bernama Liebian International Building di Guiyang, China berhasil membuat heboh netizen dengan penampakan air terjun yang keluar dari kaca gedung belakangan ini. Bagaimana tidak, air tersebut keluar dari ketinggian teratas gedung dan mengalir hampir menutupi setengah bagian gedung. Sebuah pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat dalam area perkantoran.

Liebian International Building adalah gedung yang dijadikan sebagai area hotel mewah, pusat perbelanjaan, dan perkantoran di area yang pertumbuhannya paling cepat di China. Kawasan ini akan memiliki serangkaian objek yang menarik bagi wisatawan. Mengingat China selalu sukses menggarap terobosan yang menarik, tentu bukan tidak mungkin hal ini akan terealisasi dalam waktu dekat ini.

Gedung dengan Air Terjun

(Image: Straitstimes)

Sejatinya gedung ini memiliki dua bangunan dengan ketinggian yang menawan, yakni 121 meter. Kemudian untuk air terjunnya sendiri muncul dari ketinggian 108 meter sehingga langsung dinobatkan sebagai air terjun buatan terbesar dan tertinggi di dunia mengalahkan air terjun di Solar City Tower, Brazil.

Menariknya lagi, gedung ini merupakan hasil pembangunan perusahaan asal China bernama Ludi Industry Group, di mana mereka berfokus pada sentuhan alam yang kuat dalam sebuah gedung tinggi menggunakan unsur air dan pepohonan. Warga sekitar dapat menyaksikan munculnya air terjun dalam waktu tertentu saja, yaitu selama enam jam dalam satu waktu. Proses mengalirnya air tersebut berawal dari kumpulan air tanah dan air hujan yang ditarik menggunakan pompa berdaya 185 KW, kemudian mengalir hingga ke bagian teratas gedung. Tak heran mengapa bentuk kreatifitas ini membutuhkan biaya yang sangat besar untuk dapat terealisasi.

Gedung dengan Air Terjun

(Image: CNN.com)

Gedung dengan Air Terjun

(Image: deccanchronicle)

Meskipun begitu jangan berpikir bahwa tujuan gedung ini hanya untuk membuang-buang air saja. Terlebih lagi, air yang dikeluarkan berskala besar sehingga tidak mungkin hanya dijadikan sebagai “pemanis” saja. Diketahui bahwa pengelola gedung sempat mengatakan konsep daur ulang air hujan menjadi ide terbaik untuk merealisasikan terobosan seperti ini. Air daur ulang tersebut ditampung di sebuah tangki yang disimpan sedalam 4 lantai dan dilengkapi oleh siste drainase. (Source: housing-estate.com)