Siapa Sangka, 7 Pengusaha Sukses ini Tadinya Mantan Karyawan Biasa!

Pengusaha sukses, inilah profesi impian bagi sebagian besar orang. Walaupun nyatanya, tidak semua orang berani untuk keluar dari zona nyaman dan beralih ke zona menantang di dunia usaha. Apalagi bagi seseorang yang telah terbiasa menerima gaji tetap sebagai karyawan beserta benefit lainnya seperti bonus dan berbagai tunjangan, tentu akan berpikir ulang untuk memutuskan memulai usaha sendiri.

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan?

Karakter orang memang berbeda-beda. Sama halnya dengan ketertarikan orang yang berbeda untuk menjadi pegawai kantoran atau pengusaha. Nah, bagi Anda yang memilih menjalani peruntungan di bidang usaha, ada baiknya untuk mengambil inspirasi dari kisah pengusaha sukses dulu. Ternyata tidak banyak yang mengetahui bahwa awalnya tokoh ini bermula dari seorang pegawai kantoran. Mari simak kisah yang dapat kita serapi dalam kehidupan ini!

1. Kiki Gumelar – Owner Chocodot

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: LinkedIn Kiki Gumelar)

Berawal dari ketidaksengajaan sang owner, Kiki Gumelar, yang menceburkan dodol ke dalam cokelat yang sedang ia buat, pria yang merupakan mantan karyawan tersebut lantas berinisiatif menjual dodol coklat tersebut ke Garut untuk dijual.

Penolakan demi penolakan ia terima dengan lapang dada, termasuk dari orangtuanya yang kala itu belum melihat potensi yang bagus dalam penjualan dodol coklat di Garut. Hal tersebut tidak membuatnya pantang menyerah. Dengan kegigihan, ia senantiasa mempelajari perihal usaha cokelat, serta sering bertandang ke luar kota untuk mengikuti pameran.

Chocodot yang awal mulanya hanya memiliki 1 karyawan, kini telah mengkaryakan 200 pegawai. Berton-ton coklat mereka olah setiap bulan dan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Bukan hanya perusahaan cokelat Chocodot yang ia kembangkan, wisata kota Garut pun turut ia bidani dengan mengembangkan wisata spesial cokelat, café khusus coklat, bakery khusus coklat. Ia bahkan mendirikan museum cokelat!

2. William Tanuwijaya – CEO Tokopedia

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: dakonan.com)

Kini, siapa yang tidak kenal nama besar Tokopedia? Perusahaan e-commerce yang di tahun 2017 mendapatkan kucuran dana dari Alibaba senilai 1.1 miliar dollar ini rupanya didirikan oleh mantan penjaga warnet, yang lalu menjadi karyawan swasta di beberapa perusahaan berbasis teknologi selama 10 tahun.

Ya, dialah William Tanuwijaya, yang dari 2007 merintis Tokopedia. Pada 2 tahun pertama, penolakan hingga ketidakpercayaan datang dari investor kepadanya. Pria yang berasal dari keluarga sederhana di Pematang Siantar ini tidak menyerah. Kegigihannya menuai hasil, dan ia akhirnya memperoleh investor yang sesuai.

Kini, impiannya telah terealisasi dan membantu jutaan masyarakat Indonesia dalam berjual beli online secara terpercaya. Bahkan kini Tokopedia telah menempati gedung Tokopedia Tower dengan namanya sendiri berkat menyewa hampir sebagian besar lantai kantor untuk menjadi kantor pusatnya. Salut!

3. Cecillia Wirawan – CEO Kiddy Cuts

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: Swa.co.id)

Bagi yang telah memiliki anak maupun sering berjalan-jalan di mall bergengsi di kota–kota besar di Indonesia, tentu pernah mendengar dan melihat tentang Kiddy Cuts. Sesuai namanya, Kiddy Cuts ialah tempat khusus bagi anak-anak untuk melakukan perawatan di salon.

Desain interiornya sangat khas dan berwarna-warni yang cocok bagi dunia anak. Fasilitasnya pun lengkap, seperti mobil – mobilan, tontonan video anak dan mainan lainnya. Hal ini untuk membuat anak-anak betah dan bersedia dirawat maupun dipotong rambutnya.

Mungkin, mayoritas anak-anak tak suka berada di salon konvensional dan merasa takut bila seseorang melakukan sesuatu di kepalanya. Padahal hal tersebut tidaklah berbahaya, namun tentu anak-anak memiliki sudut pandang yang berbeda. Termasuk anak dari Cecilia Wirawan, owner Kiddy Cuts yang kala itu masih merupakan karyawan perusahan konsultan property.

Mengajak anak potong rambut adalah tantangan tersendiri, dan hal tersebut memberinya ide untuk menyediakan salon khusus anak-anak. Berkonsultasi dengan penata rambut ternama, Rudi Hadisuwarno, ia pun bersamanya beserta tiga sahabatnya mendirikan Kiddy Cuts, yang langsung sukses di hari pertama. Antrian panjang sekejap menyesaki outletnya di Plaza Senayan.

Kini, Kiddy Cuts telah tersebar di berbagai kota besar seperti Bali, Cikarang, Surabaya, Bandung dan tentu saja Jabodetabek. Beraneka penghargaan pun ia peroleh dalam mengembangkan Kiddy Cuts.

4. Afit Dwi Purwanto – Owner Holycow! By Chef Afit

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: Steak Holy Cow)

Afit Dwi Purwanto, seorang mantan karyawan yang kini telah sukses mengembankan restoran steak terkenal dan memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia yaitu, Malang, Bali, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jabodetabek.

Sarjana Hukum Universitas Trisakti yang pernah menduduki posisi manajer di perusahaan tempat ia bekerja tersebut, awal mulanya memulai usahanya dari tenda yang didirikan di Radio Dalam, Jakarta. Dengan tagline wagyu for everyone, mereka menyediakan steak wagyu lezat dengan harga ramah. Masyarakat begitu menyukainya, terbukti dari antriannya yang senantiasa mengular. Gerai permanen pertamanya berada di senopati dengan kucuran dana dari kredit investasi oleh pihak bank.

Usahanya yang terlihat menggiurkan tersebut rupanya pernah menuai ‘badai’ di tahun 2012 ketika ia dan rekan bisnisnya memutuskan untuk tidak kembali bekerjasama. Namun mereka berdua tetap mendirikan usaha ‘Holycow’ dengan merk terpisah.

Biaya penalti penutupan gerai di Singapur, hutang ke supplier, perlu Afit tanggung. Termasuk pula 28 orang karyawan yang memutuskan tetap mengikuti Afit yang tentu perlu Afit perhatikan. Hingga akhirnya, tahun penuh tantangan tersebut terlewati dengan baik. Rebranding ia lakukan dengan sukses mengusung brand Holycow! By Chef Afit, dan membuka restoran baru di Kelapa Gading, dan hingga kini restoran ini dapat Anda temukan di berbagai kota besar di Indonesia.

5. Agus Pramono – Owner Ayam Bakar Mas Mono 

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: Marketing.co.id)

Mau di kalangan foodies atau bukan, Ayam Bakar Mas Mono seharusnya sudah tidak asing di telingan Anda. Ayam bakar cita rasa Indonesia ini hampir tersebar di seluruh Jabodetabek dan orang dibalik layarnya adalah Agus Pramono, salah satu pengusaha makanan tersukses saat ini di Indonesia.

Tapi siapa sangka bila dulu ia pernah bekerja sebagai office boy dan sales? Dari situ kemudian ia memutuskan keluar dan membangun usaha sendiri. Awalnya hanya berdagang gorengan, namun ia harus mengalami nasib usaha yang tak mujur saat ini dan tak berjalan sukses. Barulah setelah itu Agus Pramono memutuskan untuk beralih ke sajian khas ayam bakar dan tak disangka minat masyarakat sangat tinggi terhadap cita rasa yang ia hadirkan.

Dari situlah kesuksesan di dapat dan dari menjual 5 ekor sehari menjadi 10 ekor perhari dan terus berkembang. Sedangkan kini, ia sudah memiliki cabang tempat makan yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

6. Zhang Xin – CEO SOHO China

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: CNBC.com)

Ini dia salah satu sosok yang dikagumi dunia. Zhang Xin namanya, yang kerap disebut sebagai ratu bisnis properti dan real estate. Ia adalah CEO sekaligus Co-Founder SOHO China, sebuah perusahaan pengembangan real estate, bahkan yang terbesar di Beijing dan Shanghai!

Zhang Xin pernah dinobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia versi majalah Forbes 2015. Kekayaanya dikabarkan lebih banyak ketimbang Donald Trump. Padahal ia terlahir dari keluarga yang kurang berkecukupan. Ia pun dulunya rela bekerja sebagai buruh pabrik dengan shift 12 jam kerja. Melalui hasil kerja keras dan halang rintang kala itu, Zhang Xin kini menikmati hasil kesuksesannya dan tetap menjadi sosok pribadi yang low profile di masyarakat.

7. Bill Gates – Owner Microsot

Pengusaha Sukses Mantan Karyawan

(Image: Talset.id)

Rasanya tak lengkap bila tak memasukkan nama Bill Gates dalam inspirasi orang sukses dari karyawan menjadi pengusaha. Bill Gates dulu pernah bekerja sebagai office boy kongres di Washington State Capital. Tapi siapa sangka kini ia tak pernah absen dari deretan 10 orang terkaya di dunia.

Pemilik Microsoft yang merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar dan tersukses di dunia ini adalah anak cerdas yang memutuskan untuk keluar (drop out) dari kampus Harvard hanya agar memiliki waktu untuk perusahaannya. Gaji dari kerja sebagai office boy ia gunakan untuk membiaya perusahaanya.

Pada akhirnya, kesuksesan memang akan menghampiri orang yang tekun serta gigih dalam usahanya. Tak mudah menyerah serta tahan banting serta memiliki visi yang jauh ke depan. Apakah Anda siap? Semoga kisah pengusaha sukses mantan karyawan ini dapat menginspirasi kita! (Source: idntrepreneur.com)