Tahukah Anda Bahwa Bangunan Ini Hasil Karya Arsitek Indonesia?

Jika kita selama ini terlalu sibuk melihat hasil karya tangan arsitek dunia yang menawan, namun pernahkah Anda melirik karya desain bangunan Indonesia? Selayaknya seniman, hasil tangan anak bangsa juga patut dihargai dan diperhatikan. Nyatanya selama ini banyak karya arsitek Indonesia yang telah menunjukkan kepiawaiannya ke berbagai pembangunan, termasuk gedung tinggi berdesain futuristik.

Faktanya, Hasil Karya Arsitek Indonesia dapat Disejajarkan dengan Karya Arsitek Luar Negeri

Melihat beberapa deretan gedung menarik hasil karya anak bangsa, rasanya menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Dilihat dari desain arsitektur pun, karya tersebut memang patut disejajarkan dengan desain luar negeri yang selalu menawan. Mari kita berbangga hati dulu dengan melihat bangunan menarik hasil karya arsitek Indonesia ini.

 

1. Perpustakaan Universitas Indonesia Karya Budiman Hendropurno

Hasil Karya Arsitek Indonesia

(Image: blogunik.com)

Budiman Hendropurno, seorang arsitek kelahiran Malang, Jawa Timur tahun 1954 ini merupakan sosok yang yang dikenal di Tanah Air. Hasil karyanya selalu menawan dan sukses menjadi bangunan komersil di Indonesia, seperti Hotel Novotel Surabaya, Maya Ubud Resort & Spa Bali, EX Plaza Jakarta, Kantor Kementerian Perdagangan RI, UOB Plaza Jakarta, serta Perpustakaan Universitas Indonesia.

Jika melihat ke gedung Perpustakaan Universitas Indonesia, gedung ini memiliki nuansa yang berbeda ketimbang perpustakaan pada umumnya. Terdapat ruang luar yang begitu luas, serta lekat dengan nuansa alam yang membuat suasana perpustakaan semakin sejuk dan nyaman. Karakter karya Budiman pun terlihat melekat dari desain yang memiliki makna tersendiri di setiap sudutnya.

 

2. Greenhost Boutique Hotel Karya Paulus Mintarga

Hasil Karya Arsitek Indonesia

(Image: Instagram.com/jelitodeleon)

Karya Arsitek Indonesia berikutnya adalah Paulus Mintarga. Arsitek kenamaan Indonesia ini selalu memiliki semangat besar untuk memberikan karya terbaik untuk Tanah Air. Bisa dibilang, seluruh hasil karyanya sukses membuat setiap orang berdecak kagum. Karakteristik dari ciptaan tangannya terlihat dari material daur ulang dan material sisa. Salah satu dari kesekian bangunan ciptaannya adalah Greenhost Boutique Hotel, Yogyakarta.

Hotel ini tentu tak asing lagi bagi wisatawan, terutama generasi millennial Jakarta. Desainnya yang menawan dari konsep ekologis bahkan mendapat pujian dan berbagai penghargaan. Hampir tiap sudut sisi juga ditumbuhi tanaman yang semakin mempercantik tampilan.

 

3. Masjid Istiqlal Karya Fredrich Silaban

Karya Arsitek Indonesia

(Image: Instagram.com/gnfi)

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Istiqlal? Masjid yang terbilang bersejarah ini tetap saja terlihat menawan hingga saat ini. Bahkan bangunan ini telah didirikan sejak tahun 1961 atau saat masa Orde Lama dan Orde Baru. Kala itu Fredrich Silaban dipercaya menjabat Wakil Kepala Proyek Masjid Istiqlal dan membangun masjid ini. Cukup banyak kesulitan yang ditemui untuk membangun masjid berdesain menarik kala itu, yaitu dihambat oleh kesulitan teknis, krisis ekonomi, dan politik. Lalu setelah berhasil melalui berbagai kendala, terciptalah sebuah masjid berstruktur menarik dan patut menjadi salah satu deretan terbaik karya arsitek Indonesia!

 

4. Mali Airport Karya Nataneka

Karya Arsitek Indonesia

(Image: Femina)

Nusa Tenggara Timur dikenal selama ini sebagai kota dengan pemandangan eksotis, serta menjadi destinasi bagi para wisatawan asing dan lokal. Lalu berkat tingginya ketertarikan wisawatan asing, pemerintah NTT ingin menghadirkan sesuatu yang akan meningkatkan daya tarik kota ini, yaitu dalam rupa bandara di Pulau Alor.

Untuk membuat tampilan yang menarik di titik temu antar negara, seorang arsitek bergaya artistik dan dinamis Indonesia, yakni Nataneka dipercaya menghadirkan nuansa yang berbeda, namun tetap lekat dengan pesona Nusantara. Alhasil, kearifan lokal begitu santer terasa dari gubahan masa dan tatanan ruang yang memanjakan mata. Di dalamnya pun terdapat karya seni NTT yang dipertunjukkan demi memperkenalkan budaya kepada wisatawan asing. Maka dengan rentetan daya tarik ini, tak heran jika karya ini sukses dipamerkan ke pameran kancah international.

 

5. Masjid Baitus Shobur Karya Andra Martin

Karya Arsitek Indonesia

(Image: My Dream)

Anda tahu Masjid Baitus Shobur? Atau Katamama Boutique Hotel di Seminyak, Bali? Atau mungkin gedung AD Premier yang ada di Jakarta? Nah, kesekian gedung tersebut merupakan hasil rancangan seorang arsitektur Tanah Air yang telah lama berkecimpung di bidang ini.

Hasil rancangannya pun sudah tak diragukan. Andra Martin juga dikenal dengan karyanya yang modern dan berkonsep “clean”. Lekat dengan garis-garis minimalis, struktur geometris, ruang yang dilintasi cahaya matahari, hemat energi, serta berbahan tunggal menjadi karakteristik yang kuat oleh arsitek ini. Beberapa karya lain yang sukses dikenal orang saat ini adalah Omah Herbrist, Pasar Sarijadi, Bandara Banyuwangi, Rumah WH, dan lain-lain.

(Baca Juga: Mengenal 11 Arsitek Paling Terkenal di Dunia dengan Karya Hebatnya)

6. Menara Phinisi UNM Karya Yu Sing

Karya Arsitek Indonesia

(Image: profesi-unm.com)

Tahukah Anda terdapat sebuah bangunan megah dan menarik di Makassar. Nama gedung ini adalah Menara Phinisi UNM yang difungsikan sebagai Gedung Pusat Pelayanan Akademik (GPPA) di Universitas Negeri Makassar. Gedung ini memiliki ketinggian 17 lantai dengan tampilan yang tak biasa.

Yu Sing sebagai salah satu tokoh arsitek yang ditunjuk untuk mendesain gedung ini mengusung konsep seperti kapal phinisi atau perahu khas Bugis – Makassar. Hal ini dapat terlihat dari lekukan-lekukan gedung yang menyerupai lekukan phinisi, serta penggunaan warna yang lekat dengan budaya Makassar.

 

7. Konservasi Gedung Arsip oleh Han Awal

Hasil Karya Arsitek Indonesia

(Image: Instagram.com/dikdian)

Anda masih asing mendengar Gedung Arsip Nasional? Gedung bersejarah yang telah dibangun sejak tahun 1970 ini berdiri kokoh hingga saat ini. Bahkan gedung ini masih ramai dikunjungi warga Jakarta untuk beberapa keperluan. Gedung Arsip Nasional kini difungsikan sebagai tempat penyimpanan berkas-berkas pada jaman Belanda dahulu kala. Namun setelah itu, proses pemugaran atau konservasi dilakukan oleh pihak gedung untuk memperbaharui tampilan.

Meskipun begitu, tak banyak tampilan yang dirubah demi tetap mengedepankan sisi klasik dan sejarah dari gedung ini. Han Awal, seorang arsitek yang dikenal sangat aktif dengan karya pemugaran bangunan bersejarah di Indonesia tentu dipercaya untuk turut andil dalam tugas ini. Han Awal kini telah tutup usia dan meninggalkan segudang karya yang akan terus dikenang oleh masyarakat Indonesia.

 

8. KCN Office Karya Atelier Cosmas Gozali

Hasil Karya Arsitek Indonesia

(Image: Aec Cafe)

Sekilas, gedung ini memang terlihat seperti berada di luar negeri. Namun nyatanya, gedung ini merupakan kantor KCN yang berada di pantai Marunda, Jakarta Utara. Seperti apa jadinya bekerja di tepi pantai? Tentu saja menarik! Ditambah lagi desain bangunan ini begitu menarik, tampilannya tak seperti gedung kantor pada umumnya.

Ternyata sosok dibalik keindahan desain KCN Office ini adalah Atelier Cosmas Gozali. Arsitek kenamaan Indonesia ini memang sangat akrab dengan unsur seni dan hal-hal unik yang modern. Tak hanya dari eksterior, saat Anda memasuki dalam ruangan pun akan dibuat terkesima oleh permainan warna dan tatanan ruang yang unik. Penasaran?

 

Kedelapan gedung di atas hanyalah segelintir karya anak bangsa yang telah menunjukkan eksistensinya di dunia. Nyatanya, masih banyak yang tak menyadari kapabilitas arsitek Indonesia. Untuk itu mari beri apresiasi yang tinggi terhadap hasil karya arsitek Indonesia sedari sekarang!