Tak Banyak yang Tahu, Inilah 9 Fakta Menarik Gedung Pentagon

Fakta Menarik Gedung Pentagon

Banyak yang belum tahu bahwa di Amerika, tepatnya di Arlington, Virginia dekat Wachington D.C, terdapat satu bangunan luas yang berbentuk pentagon. Bangunan yang biasa disebut The Pentagon ini merupakan gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Bentuk gedungnya yang berupa segi lima ini dinilai sangat unik dan menarik.

Lebih menarik lagi, setelah orang nomor satu di gedung tersebut mengundurkan diri. Jim Mattis mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan setelah berbeda pandangan dengan Trump. Soalnya adalah penarikan pasukan AS dari Afganistan dan Suriah pada bulan desember tahun lalu.

Fakta Menarik Gedung Pentagon

Dibalik kepopuleranya yang belakangan naik, nyatanya gedung Pentagon menyimpan beragam fakta menarik di balik kemegahannya. Berikut beragam fakta menarik Gedung Pentagon tersebut:

1. Dibangun pada saat Perang Dunia II

"<yoastmark

Gedung Pentagon mulai dibangun pada saat Perang Dunia II, dimana pembangunannya dimulai pada tanggal 11 September 1941. Pembangunan gedung ini memakan waktu sekitar 18 bulan, hingga pada tahun 1943 gedung akhirnya topping off dan selesai dibangun.

Awalnya, Presiden Roosevelt mengira bahwa Gedung Pentagon adalah gedung sementara, dimana setelah Perang Dunia II gedung ini dialihfungsikan sebagai Gedung Arsip Nasional. Namun nyatanya, gedung ini tetap berdiri hingga saat ini menjadi Gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

2. Pernah Ditabrak Pesawat

Fakta Gedung Pentagon
Image: Foreign Policy Journal

Gedung kokoh ini bukan tidak pernah tertimpa musibah. Fakta menarik Gedung Pentagon yaitu pernah ditabrak oleh sebuah pesawat, yaitu pesawat Boeing 757-223, N644AA, maskapai American Airles Penerbangan 77.

Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 11 September 2001, dimana pesawat tersebut dibajak dan ditabrakkan ke Gedung Pentagon.

Beruntungnya, bagian gedung yang ditabrak oleh pesawat tersebut adalah bagian gedung yang baru direnovasi, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang berarti. Renovasi tersebut dilanjutkan kembali hingga selesai pada tahun 2008.

3. Desain Bangunan yang Unik

"<yoastmark

Berbeda dengan bentuk gedung pada umumnya, Gedung Pentagon memiliki desain segi lima. Hal ini dikarenakan pada awalnya bangunan ini akan didirikan di lokasi yang berbatasan dengan lima jalan raya. Maka dari itu, arsitek Gedung Pentagon, George Bergstrom merancang bentuk gedung dengan lima sisi.

Namun Presiden Roosevelt khawatir jika letak gedung tersebut nantinya akan menghalangi pemandangan Arlington Cemetery dari Washington, sehingga Gedung Pentagon kemudian dipindahkan ke Arlington County, Virginia, yang mana merupakan lokasinya sekarang ini.

4. Sangat Luas Namun Efisien

Gedung Pentagon memiliki luas bangunan mencapai 6.5 juta kaki persegi, dimana luas ini adalah setara dengan tiga kali luas Gedung Empire State – salah satu pencakar langit yang jadi ikon amerika serikat, lokasinya ada di New York City.

Karena luas gedung Pentagon itulah, gedung ini tercatat sebagai gedung bertingkat rendah terluas di dunia. Selain bentuknya yang sangat luas, gedung ini memiliki 7.754 jendela dan 17.5 mil koridor. Walaupun gedung ini sangat luas, gedung ini didesain sangat efisien.

Gedung ini memiliki sistem gang dengan panjang 28 kilometer dengan luas 11 hektare. Namun uniknya, setiap tempat dalam gedung dapat dicapai dalam waktu 7 menit dengan jalan kaki.

5. Dibangun dengan Baja yang  Setara dengan Kapal Perang Besar

"<yoastmark

Gedung seluas dan sekokoh Gedung Pentagon ini tidak dibangun dengan bahan yang main-main. Banyak material berkualitas digunakan untuk membangun Gedung Pentagon. Jumlah baja yang dibutuhkan untuk membangun gedung ini setara dengan jumlah baja yang cukup untuk membangun sebuah kapal perang besar.

Tak hanya itu, pasir dan batu yang digunakan untuk membangun Gedung Pentagon sangat banyak, hingga mencapai 689 ribu ton. Pasir dan batu tersebut digunakan untuk membuat tembok beton yang diperkuat.

6. Dulunya Hanya Memiliki Satu Elevator

Sebelum tahun 2011, Gedung Pentagon hanya memiliki satu elevator. Elevator tersebut hanya diperuntukkan bagi Menteri Pertahanan. Untuk mobilisasi antar lantai, pegawai menggunakan tangga untuk naik turun lantai.

Namun gedung tersebut telah mengalami renovasi sehingga sejak tahun 2011 terdapat 70 elevator yang diperuntukkan bagi para pegawai.

7. Pernah Terguncang Gempa

Setelah terkena musibah tertabrak pesawat pada tanggal 11 September 2001, Gedung Pentagon juga pernah terguncang gempa. Gempa tersebut terjadi pada tanggal 23 Agustus 2011.

Gempa yang berkekuatan 5.8 skala ritcher tersebut menyebabkan Gedung Pentagon mengalami sejumlah kerusakan ringan. Kerusakan ringan tersebut meliputi beberapa pipa Gedung Pentagon yang mengalami kebocoran.

8. Memiliki Sistem Keamanan Tertinggi di Dunia

Gedung Pentagon masuk dalam daftar gedung dengan sistem keamanan tertinggi di dunia. Tidak mengherankan, karena Gedung Pentagon ini merupakan Markas Besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Sistem pertahanan di gedung ini merupakan sistem pertahanan yang canggih sekaligus ketat, karena gedung ini berada dalam pengawasan langsung Pentagon Force Protection Agent (PFPA). PFPA merupakan tim kesatuan khusus yang terdiri dari Polisi Pentagon Amerika Serikat, teknisi ahli, serta tim anti terorisme.

Untuk daftar lengkap gedung dengan sistem keamanan terbaik di dunia, berikut daftarnya: 10 Gedung Dengan Label Paling Aman di Dunia

9. Disebut-sebut sebagai Markas Mikroba Purba

"<yoastmark

Fakta menarik Gedung Pentagon lainnya adalah bahwa Gedung Pentagon dinilai sebagai markas mikroba purba. Hal ini didasarkan pada temuan dari ilmuan antropologi yang menemukan bahwa terdapat mikroba purba terkandung dalam batu yang digunakan untuk membangun Gedung Pentagon.

Usia dari mikroba purba tersebut juga digadang-gadang melebihi usia dinosaurus. Temuan dari ilmuan asal National University Autralia tersebut telah diterbitkan dalam laporan ilmiah.

Meskipun begitu, ternyata Gedung Pentagon bukanlah satu-satunya gedung yang menampung mikroba purba. Terdapat gedung-gedung lain yaitu Empire State Building di Istana Buckingham dan Katedral St. Paul yang juga disebut-sebut sebagai tempat markas mikroba purba. (Source: Tempo.co)