Tak Hanya Estetika, Fasad Bangunan Penting Demi Meningkatkan Tingkat Keamanan Bangunan

Fasad Bangunan

Sebelum membangun sebuah bangunan gedung perkantoran, rumah, apartemen atau sejenisnya, sangat penting untuk merencanakan bagaimana tampilan fasad gedung terbaik yang bakal jadi pilihan. Selain mengandung nilai estetika, fasad gedung juga berguna untuk menjamin keamanan, kekokohan, kekuatan serta penataan bangunan yang rapi dan tersusun.

Fasad gedung merupakan tampilan bagian depan sebuah bangunan atau gedung. Fasad bersama dengan sistem shading merupakan satu kesatuan yang mendukung sistem pencahayaan alami sebuah gedung. Karena itu penting untuk menentukan model fasad yang sesuai. Biasanya, model fasad ditentukan atau disesuaikan dengan iklin dimana bangunan dibuat.

Pentingnya Fasad Gedung

Pentingnya Fasad Bangunan

(Image: buildingbutler.com)

Di Indonesia lebih dari jutaan bangunan didirikan sebagai infrastuktur kota lengkap dengan beragam fasilitas umum. Gedung-gedung yang kebanyakan berada di Jakarta sudah banyak yang memiliki sertifikat bangunan hijau (green certified buildings). Tetapi kalau dilihat dari presentase jumlah gedung bersertifikat green building hanya 0,0035% dari total 1.227 gedung yang ada di Jakarta. Itu artinya pemerintah harus turun tangan untuk terlibat dalam pembuatan bangunan hijau.

Hal ini bertujuan agar bangunan di perkotaan menjadi tertata lebih baik dan rapi sehingga mampu menjadi kawasan modern yang berkembang. Saat ini pemerintahan di Indonesia sendiri sudah mulai merencanakan untuk dapat mengurangi dampak dari emisi gas bumi. Jalannya dilakukan dengan membuat beberapa aturan yang tegas kepada pihak pembangunan, seperti industri konstruksi, pabrikasi dan sebagainya.

Pentingnya Fasad Bangunan

(Image: klcbs.net)

Tujuannya agar pembangunan dapat terus ditingkatkan menggunakan rancangan bangunan yang mampu meningkatkan kualitas hidup seluruh penghuninya. Pembangunan yang telah direncanakan saat ini sudah mulai menerapkan pengurangan pemakaian energi. Selain itu juga mencegah polusi udara dalam ruangan, khususnya pada bagian indoor. Hal ini ditujukan dalam mencapai sasaran pembangunan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Selain menjadi pelengkap dan nilai estetika gedung, penggunaan fasad bangunan penting sebagai aspek yang akan menentukan keseluruhan struktur bangunan. Dengan fasad bangunan yang baik, gedung menjadi lebih tahan dan kokoh terhadap lingkungan serta mampu hemat energi. Struktur fasad merupakan bagian penting dari selubung gedung, sebuah komponen utama dalam pembangunan sebuah gedung.

Salah satu peranan penting lainnya yaitu guna melengkapi bentuk jaringan dan menentukan dampak visual bangunan terhadap lingkungan perkotaan yang rentan dengan penataan kota yang sehat dan hijau. Fungsi lain dari fasad bangunan adalah untuk melindungi bangunan gedung dan keamanan dari kerusakan dan gangguan luar. Seperti terik matahari, cuaca buruk, hujan, angin, asap polusi dan kerusakan akibat emisi gas.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk tiap bangunan menggunakan fasad yang jelas. Apalagi jika kondisi bangunan dihadapkan terhadap kelembaban dan suhu udara tinggi. Sehingga dapat menciptakan sebuah transformasi prinsip hijau yang berkelanjutan dan mampu mewujudkan kawasan yang tertata rapi.

Dianjurkan pula bagi setiap konstruksi bangunan sudah harus memiliki rencana serta inovasi dalam mendesain dan membangun fasad dalam struktur bangunannya.

Manfaat Utama Fasad Bangunan

Pentingnya Fasad Bangunan

(Image: nyobaarsitek.blogspot.com)

Yang tidak kalah penting dalam penggunaan fasad bangunan yaitu untuk melindungi bangunan itu sendiri dari kebakaran, baik dari dalam gedung maupun dari luar gedung. Karenanya dibutuhkan satu sistem pemadam dimana pengujian dan penerapannya menjadi point penting dalam kinerja improvisasi pembangunan fasad bangunan.

Dengan tidak mengurangi nilai estetisnya, fasad sebuah bangunan harus mampu menahan air dan terisolasi, serta dinamis mampu memperhatikan struktur pencahayaan serta ventilasi yang baik secara global.

Pentingnya hal ini diungkapkan pula dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh Zak World of Facades yang ke-32 di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu yang bertempat di Hotel Kempinski Grand Ballroom.

Pentingnya Fasad Bangunan

(Image: Zak World of Facades)

Pada pertemuan tersebut dilakukan pemaparan bagaimana evolusi sebuah rancangan fasad bangunan, penilaian high performance glass untuk fasad bangunan dan perkembangan yang berkelanjutan kode energi, serta peringkat fasad. Pada kesempatan itu dibahas juga mengenai mitigasi kebakaran melalui rancangan fasad bangunan, efisiensi tinggi dan biaya yang efektif, mengelola manajemen proses fasad serta pemeriksaan berbagai dimensi.

Inovasi serta kecenderungan non-konvensional dari industri di Indonesia dibandingkan dengan jumlah peningkatan global. Hal ini langsung diungkapkan oleh Syed Zakir Ahmed, selaku Ketua & Direktur Utama, Zak Exhibitions & Conferences dalam konferensi pers lalu. Pada Konferensi Zak World of Facades kali ini akan lebih siap untuk menjadi acuan kebijakan bagi solusi cerdas.

Secara penggunaannya yang efektif dan efisien dari sumber daya yang ada, mampu untuk menemukan solusi bagi masalah yang berkaitan dengan keselamatan kebakaran serta konstruksi bangunan hijau yang ada seluruh di Indonesia. Dan juga mampu memberi dorongan pada bisnis konstruksi fasad bangunan hijau dengan melibatkan banyak pengambil keputusan yang tepat. Hal ini juga yang menjadi jawaban dari Syed Zakir Ahmed.

Pentingnya Fasad Bangunan

(Image: homebuildingmaterials.blogspot.com)

Pertemuan Zak World of Facades yang telah dihadiri oleh banyak perwakilan dari seluruh para arsitek terkemuka, seperti anggota konsultan fasad bangunan, para pengembang, pejabat pemerintah, PMC, dan bisnis kontraktor utama. Juga hadir Sustainability consultants, fire consultants, kontraktor fasad bangunan, konsultan biaya, glass processors & structural consultants, dan lain sebagainya.

Dengan begini semoga kedepannya bangunan gedung di Indonesia lebih memperhatikan fasad. Apalagi kenyataanya memang pertumbuhan industri konstruksi berkembang pesat di Indonesia. Nilai investasinya disebut-sebut mencapai USD 423 miliar. Nilai pertumbuhanya juga sangat menjanjikan dimana rata-rata pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia diperkirakan bakal mencapai rata-rata 6,9% per tahun yang terjadi antara tahun 2017 hingga 2021. (Source: Tribun News)