Tips Memilih Kantor Yang Bisa Meningkatkan Performa Perusahaan Anda 10 Kali Lipat

Bagaimana cara memilih gedung kantor yang baik? Ada beragam teori mencoba menjawab memilih kantor sewa terbaik. Yang perlu dipahami, kantor tak hanya bicara soal domisili perusahaan semata, tapi kantor adalah tempat dimana karyawan menghabiskan hampir separuh hidupnya. Diserap dari bahasa belanda, kantoor memiliki makna sebagai tempat untuk menjalankan perusahaan atau perniagaan secara rutin.

Nah di jaman seperti sekarang ini, dimana Indonesia baru saja diumumkan sebagai negara nomor dua paling potensial untuk investasi di dunia, Indonesian dilirik oleh banyak investor lokal maupun asing, dan akibat kompetitor yang begitu ketat, perusahaan-perusahaan teknologi, perusahaan Penanaman Modal Asing, perbankan ingin menjadi perusahaan yang ‘asset light’. Sehingga mereka lebih prefer untuk sewa kantor bukan beli kantor.

Tips Memilih Gedung Kantor Terbaik

Nah jika anda ingin sewa kantor, khususnya gedung perkantoran di Jakarta, ada sejumlah hal yang sebaiknya anda lakukan agar kantor yang anda sewa tidak hanya tepat secara lokasi. Tetapi juga tepat untuk performa perusahaan anda.

1. Harga Murah Penting, Tetapi Harus Balance Dengan Public Transport Agar Tim Mudah Akses

Tak bisa dipungkiri bahwa harga menjadi pertimbangan utama. Terutama bagi perusahaan yang memiliki finansial terbatas. Beberapa perusahaan mungkin akan memiliki kantor sewa grade B atau grade di bawahnya lagi karena alasan harga sewa kantor yang lebih murah. Dengan lebih dari 500 gedung di Jakarta, tidak sulit untuk menemukan sewa kantor murah di jakarta.

Tetapi perlu anda pertimbangkan juga harga murah dengan transportasi publik. Apakah ada keseimbangan antara transportasi publik dengan harga yang murah. Sulitnya transportasi publik ditambah dengan masalah kemacetan jika dikualifikasikan dalam satuan moneter dampaknya sangat besar.

Tim kantor (karyawan) anda, pasti akan mengalami kerugian waktu yang habis diperjalanan, biaya operasional kendaraan dan yang paling penting adalah dampak psikologisnya. Stres, frustasi dan perasaan tertekan adalah dampak umum kemacetan. Dengan begitu, daya kreativitas tim anda untuk perusahaan akan habis dijalan. Dalam jangka panjang, dampaknya sampai juga diperforma perusahaan.

2. Lokasi, Lokasi, Lokasi. Sewa Kantor di Pusat Jakarta (CBD) atau diluar Pusat Jakarta (Non-CBD)

Kunci sukses dalam tips memilih gedung kantor terbaik berikutnya terletak pada lokasi. Lokasi sangat terkait erat dengan tinggi rendahnya performa sebuah perusahaan. Ada beberapa acuan yang bisa anda terapkan dalam memilih lokasi kantor sewa yang baik:

  • Pilih lokasi yang berada di pusat aktivitas bisnis jika anda ingin lebih mudah dalam memasarkan produk dan mencari rekan bisnis. Tetapi jika anda ingin kantor yang lebih menekankan pada sisi ketenangan, pilih yang dekat dengan tim anda. Pertimbangkan pula sarana penunjang seperti bank, atm centre, kantor pos, dan sebagainya
  • Jika yang anda sewa adalah service office atau virtual office yang and agunakan untuk lokasi perusahaan start up anda, lebih baik pilih kantor sewa yang memiliki lokasi premium dengan akses mudah. Hal ini demi meningkatkan gengsi start up yang anda kembangkan.
  • Jika sewa kantor di jakarta, terutama di CBD (Central Business District) atau daerah lain yang menerapkan sistem transportasi ganjil genap, sebaiknya anda pilih untuk menyewa di gedung perkantoran yang terhindar dari jalur ganjil genap. Atau setidaknya kalau anda terpaksa mendapatkan lokasi tersebut, pilih yang memiliki akses belakang.
  • Jika perusahaan anda memiliki mobilitas yang cukup tinggi ke bandara, pilih gedung kantor sewa yang dekat dengan lokasi masuknya jalan tol bandara.

Intinya, kemanapun anda akan memutuskan untuk pindah kantor atau sewa kantor, anda harus melakukan movement and transportasi studies yang cukup intensif sebelum memutuskan dimana lokasi baru yang anda tempati.

3. Pikirkan Fasilitas Yang Ada (Gym, Restoran, Cafe Dan Seterusnya)

Mengapa memilih kantor yang baik harus dikaitkan dengan fasilitas yang ada? Bukankah yang penting fasilitas utama tersedia? Kantor berbeda dengan pabrik. Kantor lebih banyak beroperasi dengan kemampuan pikiran ketimbang tenaga.

Maka ketika Tim kantor anda merasa sangat jenuh dengan rutinitas pekerjaan, salah satu cara mengembalikan mood mereka ke posisi yang baik adalah membawa Tim ke tempat yang santai. Google dan Yahoo bahkan menyulap kantor tempat bekerja seperti tempat bermain: Santai, Colorful, dan tanpa sekat.

Minimal jika anda sewa kantor di Jakarta anda harus perhatikan fasilitas seperti Lift, Kantin, Internet, dan juga layanan komunikasi. Perhatikan pula fasilitas seperti Gym, Restoran, Cafe, Mall, dan lainya. Tentunya, harga untuk sewa kantor di gedung perkantoran yang bersebelahan dengan mall-mall premium seperti Senayan City (jadi satu dengan gedung perkantoran SCTV Tower), Plaza Senayan (jadi satu dengan gedung perkantoran Sentral Senayan I, Sentral Senayan II dan Sentral Senayan III), Plaza Indonesia (jadi satu dengan gedung perkantoran The Plaza) dan Grand Indonesia (jadi satu dengan gedung perkantoran Menara BCA) tidaklah murah, karena menjadi primadona akibat lokasinya yang bersebelahan dengan berbagai fasilitas.

4. Overtime, Apakah Kantor Sewa Anda Mudah untuk Overtime?

Beberapa pengelola kantor sewa pasti sudah menetapkan batas jam operasional, misalnya dari jam 7 pagi hingga jam 6 malam. Nah bagaimana untuk anda yang sering bekerja overtime atau lembur lebih dari jam 6 malam? Terutama untuk anda yang bekerja dalam bidang industri kreatif, pasti sering sekali mengabaikan waktu bekerja. Kapan datangnya ide, itulah waktu yang baik untuk bekerja.

Dengan begitu, anda harus memperhatikan apakah pengelola kantor sewa anda mengijinkan pekerja bekerja melebihi batas waktu yang ditentukan atau tidak. Minimal jika anda ingin mengurus ijin bekerja overtime, anda bisa melakukanya dengan mudah. sangat disayangkan sekali bila waktu overtime yang menurut anda penting untuk meningkatkan performa perusahaan hilang hanya kantor sewa yang tidak memungkinkan untuk melakukanya.

5. Apakah Building Management Professional?

Berikutnya soal pengelolaan bangunan. Apakah bangunan yang akan anda sewa sebagai kantor dikelola oleh pengelola yang profesional atau tidak? Percuma membayar harga sewa murah tetapi pengelolaan gedungnya buruk. Pengelolaan gedung tidak hanya sebatas pada bagian dalam tetapi juga bagian luar gedung.

Penting juga anda ketahui soal siapa yang bertanggungjawab jika terjadi kerusakan. Apakah anda sebagai penyewa harus memperbaiki kerusakan sendiri atau diperbaiki oleh pemilik gedung. Pastikan hal ini ada dalam perjanjian kantor sewa. Jika memang harus anda yang melakukan perbaikan, maka dari awal harus anda sisihkan biaya tidak terduga untuk perbaikan agar tidak mengganggu performa perusahaan anda.

6. Desain Kantor Menunjang Mood Karyawan Anda

Faktor berikutnya yang harus anda perhatikan dalam memilih kantor sewa yang bisa meningkatkan performa perusahaan anda adalah desain bangunan kantor. Walau anda bisa mengubah kantor sewa anda dengan gaya yang anda inginkan, tetapi beberapa lokasi mungkin tidak bisa anda ubah.

Biasanya kantor yang anda sewa akan masuk sebagai semi gross bukan gross area atau net area. Berarti yang bisa anda gunakan adalah lokasi kantor yang anda sewa bukan seluruh gedung) ditambah dengan fasilitas umum. Artinya yang bisa anda sesuaikan adalah yang bagian kantor yang anda sewa.

Padahal yang namanya desain interior kantor sangat mempengaruhi mood tim anda yang akan berdampak pada performa perusahaan. Kalau perusahaan anda mementingkan suasana yang berbeda, anda bisa sewa kantor yang lobby-nya terbuka atau “open air”, banyak pepohonan, atau bisa juga memilih gedung perkantoran yang high technology.

Faktor Lingkungan di Dalam dan Luar Gedung Perkantoran

Terakhir yang harus pula anda perhatikan dalam memilih kantor sewa yang baik adalah faktor keamanan. Kondisi lingkungan sekitar gedung dan juga yang ada di dalam gedung sangat mempengaruhi performa perusahaan, relasi bisnis dan juga karyawan anda. Terlebih lingkungan yang nyaman, bersih, sehat dan aman akan memberikan kesan bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang baik.

Sudah anda tetapkan akan memilih kantor sewa yang mana? Tidak ada salahnya pula bila kantor sewa yang anda pilih memiliki ruang terbuka hijau yang memadai, ruang lobby, dan hal-hal lain yang menurut anda penting untuk performa kantor dan tim anda.

Jika anda masih bingung untuk memutuskan mana kantor sewa terbaik yang bisa anda dapatkan di jakarta sesuai dengan bisnis anda. Anda bisa kontak SewaKantorCBD.com. Ada lebih dari 500 kantor sewa di Jakarta dan sekitarnya dengan berbagai grade dan kualitas yang baik.