Tips Memilih Menu Sarapan Pagi yang Sehat Sebelum Berangkat Kerja

Menu Sarapan Pagi Sehat

Apa menu sarapan pagi Anda hari ini? Tentu Anda sudah paham bahwa sarapan pagi memiliki peran penting untuk menjaga kualitas kesehatan. Setelah semalaman bekerja, tubuh butuh sesegera mungkin mendapatkan asupan terbaik. Sayangnya banyak di antara kita yang abai dengan menu sarapan pagi.

Kita lupa memperhatikan apa yang kita makan berdasarkan apa yang dibutuhkan tubuh. Kita lebih terbiasa makan apa yang kita suka dan buat perut kenyang. Padahal tak semua makanan bisa jadi menu sarapan pagi yang sehat.

Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Menus sarapan pagi yang sehat adalah menu sarapan yang mengandung cukup karbohidrat, mineral serta protein. Sarapan pagi bukan soal Anda harus makan sekenyang mungkin, tetapi lebih baik bila Anda memperhatikan apa yang dikonsumsi. Untuk lebih mudahnya, berikut tips dalam memilih menu sarapan pagi yang sehat :

1. Tinggi protein

Banyak studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membantu penderita obesitas dan penderita diabetes tipe 2 untuk menurunkan berat badan. Hal ini akan jauh lebih baik bila asupan protein tinggi diberikan pada pagi hari.

Protein dapat mengatur kinerja otak serta metabolisme selama seharian Anda bekerja. Selain itu, protein juga dapat mengatur kadar gula darah serta membantu mempertahankan rasa kenyang sehingga pada waktu makan berikutnya anda tidak perlu makan berlebih. Itulah mengapa menu sarapan pagi tinggi protein dianjurkan untuk Anda yang sedang dalam masa diet.

2. Karbohidrat sehat

Mungkin sebagian dari masyarakat belum memahami apa itu karbohidrat sehat. Karbohidrat sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat tetapi mengandung rendah gula. Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang disukai oleh tubuh.

Karbohidrat sehat bisa kita dapatkan dari gandum, buah atau kacang – kacangan. Makanan tersebut memiliki gula yang rendah tetapi tinggi karbohidrat, jadi sangat baik untuk tubuh. Untuk nasi sebenarnya kurang begitu dianjurkan karena mengandung gula yang cukup tinggi.

3. Lemak sehat

Konsumsi lemak memang sebisa mungkin dihindari, tetapi ingat bahwa lemak merupakan zat penting bagi tubuh. Untuk menu sarapan pagi yang sehat, Anda tidak harus menghindari lemak, tetapi pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat.

Lemak sehat mengandung vitamin A, D, serta  yang membantu mengatur gula darah dan nafsu makan. Anda bisa menambahkan makanan seperti yogurt dan alpukat pada menu sarapan Anda untuk mendapat lemak sehat yang dibutuhkan.

4. Kualitas bukan kuantitas

Sebagian orang berpikir bahwa sarapan harus kenyang. Nyatanya, sarapan yang sehat bukan berarti Anda harus makan hingga merasa sangat kenyang. Sarapan sehat adalah sarapan dengan menu yang sehat dan dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Sangat tidak baik bila Anda hanya mementingkan kuantitas bukan kualitas.

Jika Anda sarapan pagi hingga kekenyangan, hal tersebut justru akan menghambat oktivitas Anda ketika di kantor. Kekenyangan bisa menyebabkan malas bergerak, atau bahkan mengantuk. Oleh karena itu pilihlah sarapan dengan memikirkan kualitas bukan kuantitas.

5. Mengandung serat 

Serat pada makanan akan membantu menjaga dan memelihara kesehatan organ pencernaan Anda. Selain itu, makanan yang tinggi serat akan dapat mempertahankan rasa kenyang Anda lebih lama.

Anda akan dapat bekerja dengan baik dan menjalani segala aktivitas tanpa gangguan rasa lapar. Makanan tinggi serat juga sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan karena dapat membantu anda menahan rasa lapar.

Contoh Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Seteleh membaca panduan memilih menu sarapan pagi yang sehat di atas, berikut beberapa pilihan menu sarapan pagi simpel yang sehat.

1. Telur orak – arik sayuran

Menu Sarapan Pagi yang Sehat
Image: Craftlog

Menu sarapan satu ini selain sehat juga praktis dan mudah disiapkan. Bahannya pun sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan telur, garam dapur dan sayuran segar. Menu ini memenuhi kebutuhan protein, serat serta karbohidrat bagi tubuh Anda.

Akan lebih baik jika Anda membuatnya menggunakan minyak zaitun, sehingga akan menghasilkan lemak essensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Omelet Sayur

Menu Sarapan Pagi Sehat
Image: Instagram.com/resepmakananku

Menu selanjutnya hampir sama dengan orak – arik sayuran, Anda hanya membutuhkan telur, garam dapur serta sayuran. Anda juga bisa menambahkan telur atau keju. Bedanya kalau omelet, maka seluruh bahan Anda biarkan menyatu, sedang kalau orak-arik dibuat dengan seluruh bahan terpisah.

Untuk membuatnya, Anda cukup mencampur semua bahan kemudian goreng dengan api sedang hingga matang sempurna. Untuk mendapatkan gizi yang lebih sempurna Anda dapat memasak omelet ini menggunakan mentega atau minyak zaitun.

(Baca Juga: Manfaat Sarapan Pagi Secara Teratur Sebelum Berangkat Kerja)

3. Rolade tahu sayur

Menu Sarapan Pagi Sehat
Image: merries.co.id

Berikutnya adalah rolade tahu sayur yang mengandung protein, serat, serta lemak yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama seharian. Cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu menggulung bahan – bahan tahu, sosis serta sayur yang sudah matang dalam telur dadar yang sebelumnya sudah disiapkan.

4. Roti Tawar isi telur dan sayuran

Menu Sarapan Pagi Sehat
Image: itsmydish.com

Menu ala sandwich satu ini terbilang cukup mudah dan populer. Sebagian besar orang menyukai roti tawar yang dilengkapi dengan telur mata sapi setengah matang dan sayuran segar ini.

Selain pembuatannya yang mudah dan praktis, rasanya juga cocok bagi sebagian besar orang. Anda juga dapat menggunakan roti gandum untuk mendapat karbohidrat yang rendah gula.

5. Omelet nasi

Menu Sarapan Pagi Sehat
Image: Instagram.com/dapurmenantu.ngalam

Menu terakhir ini adalah menu yang paling lengkap dan mudah, Anda hanya perlu mencampurkan nasi, sayuran, telur serta daging atau sosis sesuai selera Anda. Kemudian campurkan seluruh bahan tersebut kemudian goreng hingga matang.

Nah itulah beberapa tips memilih menu sarapan pagi yang sehat. Memulai hari dengan hal baik tentu akan sangat berpengaruh pada hidup Anda seharian. Ingat pepatah lama: “Apa yang terjadi hari ini bergantung dengan apa yang terjadi di pagi hari”.