Tips Mendesain Kantor Agar Lebih Produktif

Jika kita melihat kantor untuk startup digital, kita akan banyak menemukan kantor yang didesain dengan “Bun” atau menyenangkan. Diisi dengan meja pingpong, meja biliar, dapur yang komplit, hingga layar besar TV lengkap dengan video game-nya.

Memang terlihat sangat menyenangkan, hanya saja desain tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas perusahaan atau malah berefek terbalik dan malah membuat karyawannya malas-malasan.

Sebenarnya, kantor yang didesain seperti itu tetap dapat membuat produktivitas perusahaan meningkat. Asalkan, tips mendesain kantor startup ini diikuti.

Lokasi, lokasi, lokasi

Lokasi adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan dengan matang untuk memilih kantor yang terbaik. Kantor yang baik akan memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan segala fasilitas yang diperlukan. Lokasi strategis untuk kantor startup yang diisi oleh banyak anak muda adalah lokasi yang dekat di dekatnya banyak tersedia tempat hunian murah seperti kosan, dekat dengan restoran, dan juga tempat nongkrong selepas jam kerja. Tidak hanya itu, kantor yang baik juga akan memiliki ruang yang memadai, cukup dengan kebutuhan kantor.

Terbuka dan Nyaman

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk bekerja di rumah secara remote. Salah satunya adalah karena sang pekerja akan merasa nyaman dengan suasana rumah. sehingga dapat meningkatkan produktivitas bekerja. Maka dari itu, penting untuk kantor dapat menghadirkan suasana nyaman dan juga homey di rumah.

Selain itu, sebisa mungkin desain kantor dengan konsep terbuka. Dengan begini, kantor akan lebih terasa egaliter. Singkirkan sekat-sekat yang dapat membuat komunikasi menjadi kurang berkembang baik.

Tempat Berkomunikasi

Sebagai sebuah perusahaan yang berkembang, Anda tentunya harus mendesain kantor sebagai tempat yang dapat memudahkan komunikasi antar tim. Mendesain kantor dengan cara terbuka adalah salah satunya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat titik-titik komunikasi di kantor yang dapat digunakan sambil bersantai antar anggota tim.

Meja pingpong dapat digunakan untuk arena bermain dan juga berkomunikasi antar tim. Selain meja pingpong, ada juga pilihan lain seperti meja biliar, sepak bola meja, hingga bar kopi. Tempat tersebut dapat digunakan untuk melepas penat ketika bekerja, sekaligus untuk berdiskusi antar sesama tim sambil bersantai. Hal ini, dinilai dapat meningkatkan kreativitas.

Dapur Penuh Makanan

Makanan kecil atau kudapan adalah salah satu hal yang kerap dilupakan oleh kantor-kantor konvensional. Padahal, dengan adanya makanan kecil, kinerja tim akan lebih terjaga karena mereka tidak perlu memikirkan urusan perut. Memang tidak perlu memenuhi kebutuhan makan secara sepenuhnya. Cukup pastikan bahwa persediaan kopi dan juga makanan ringan selalu tersedia di dapur kantor. Dalam waktu satu atau dua Minggu sekali Anda juga dapat menyediakan makan siang gratis.