Tips Selamatkan Diri Bila Terjadi Kebakaran di Gedung Perkantoran

Bekerja di gedung perkantoran merupakan hal yang lumrah bagi masyarakat Ibu Kota. Bahkan jika tidak bekerja disana pun masih terdapat kemungkinan mengunjungi gedung tersebut untuk berbagai urusan. Mulai dari urusan perbankan, pensiun, asuransi, berbelanja di pusat perbelanjaan bertingkat tinggi, serta beragam urusan lainnya.

Namun di samping itu, kewaspadaan perlu dimiliki oleh setiap orang yang menginjakkan kaki di gedung tinggi tersebut. Bagi Anda yang kerap bekerja di dalam gedung tinggi di ibu kota, pasti kegiatan simulasi bencana menjadi hal yang rutin dilakukan. Hal ini karena berada di gedung perkantoran memiliki risiko tersendiri seperti terjadinya gempa, banjir di basement, juga kebakaran. Nah apa yang akan Anda lakukan bila terjadi kebakaran? Berikut 7 tips kebakaran di gedung perkantoran yang wajib Anda perhatikan.

1. Tarik Nafas dan Tenangkan Diri

Tips Kebakaran di Gedung Perkantoran

(Image: entrepreneur.com)

Tanda terdapat kebakaran di gedung perkantoran yaitu munculnya asap, serta sirine tanda kebakaran. Jika Anda di posisi yang melihat asap, sesedikit apapun asap itu tetaplah waspada dan panggil pihak yang berwenang. Dalam hal ini biasanya pihak security maupun tim penyelamat yang sebelumnya telah dibentuk oleh pihak kantor.

Jika Anda tidak melihat adanya asap, namun Anda mendengar sirine tanda kebakaran sudah bergaung, waspadalah dan sikapilah dengan serius serta tidak bercanda. Namun di sisi lain, Anda harus tetap tenang, ambil nafas yang panjang dan keluarkan. Kepanikan hanya akan membuat pikiran Anda kacau serta dapat mengganggu proses evakuasi yang terjadi.

Dengan pikiran yang tenang, Anda akan dapat membaca situasi yang terjadi serta langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Termasuk pula dengan ketenangan, Anda dapat membantu menyelamatkan orang – orang lain yang berada di lantai tersebut. Jika memungkinkan, bawa serta barang berharga Anda seperti dompet dan HP. Namun jika susah dijangkau, susah dibawah atau malah dapat mengganggu proses penyelamatan, maka hendaknya abaikan barang tersebut.

2. Dengarkan Instruksi Dengan Baik

Tips Kebakaran di Gedung Perkantoran

(Image: fireprotectionwasouth.com.au)

Di gedung yang telah canggih biasanya terdapat instruksi rekaman yang bergaung dari speaker jika terjadi suatu bencana seperti kebakaran. Dengarkan instruksi tersebut baik – baik, dan ikutilah petunjuk yang diberikan.

Jika tidak ada instruksi terdengar dari speaker, ikutilah instruksi dari seseorang yang memandu ketika terjadi bencana, seseorang tersebut bisa security maupun person in charge yang telah ditunjuk dan di­-training sebelumnya.

Namun jika ternyata tidak ada instruksi apapun baik dari speaker maupun dari person in charge, Anda tetap harus tenang dan bisa bertindak sebagai pemandu dan menolong orang lainnya yang bersama Anda di lantai tersebut. Atur barisan dengan rapi dan jangan berhamburan atau berebut menuju tempat evakuasi. Dahulukan ibu hamil, anak-anak, penyandang disabilitas serta orangtua dan wanita.

3. Lindungi Saluran Pernapasan

Tips Kebakaran dalam Gedung Perkantoran

(Image: CNN)

Bayangkan Anda di dalam gedung yang sudah terbakar dengan asap tebal. Anda berada dalam posisi dimana titik kebakaran cukup dekat dengan Anda, maka asap tidak mungkin bisa dihindari. Cara terbaik adalah sesegera mungkin melindungi pernafasan Anda. Lindungi hidung dan mulut Anda dengan menggunakan tisu kering ataupun tisu basah. Bisa juga gunakan sapu tangan atau baju atasan yang dipakai.

Kemudian jika asap bergerak ke atas, maka Anda bisa bungkukkan badan serendah mungkin atau merangkak. Jika terjebak dalam kondisi yang ramai, lebih baik tetap berada di tempat dan bungkukkan badan. Tetap pula tutup hidung dan mulut serta bernafaslah dengan perlahan.

4. Merangkak Menuju Tangga Darurat

Tips Kebakaran di Gedung Perkantoran

(Image: Wikipedia)

Asap kebakaran sangat pekat, dan kepulannya dapat mengganggu pernafasan Anda, serta penghilatan Anda. Asap ini tidak hanya dirasakan oleh lantai yang merasakan kebakaran saja, namun juga melingkupi lantai – lantai di bawah serta di atasnya. Bahkan bau asap kebakaran pun juga bisa tercium di lantai yang berbeda.

Jika asap melingkupi Anda, segeralah merangkak. Berjalan secara merangkak dapat menghindari asap dan Anda tetap bisa menghirup oksigen yang berada di bawah asap. Jika Anda merupakan karyawan kantor tersebut Anda mungkin sudah hafal dimana letak tangga darurat dan merangkaklah kesana.

Jika Anda bukan karyawan kantor tersebut atau baru berada di kantor yang mengalami kebakaran, kepulan asap mungkin akan membingungkan Anda apalagi jika harus merangkak. Namun, Anda tetap bisa merangkak mengikuti sekelompok orang lainnya untuk menyelamatkan diri. Cara lainnya yaitu Anda bisa mencari papan pertanda exit atau keluar yang biasanya berwarna terang menyala walau gelap. Ikutilah petunjuk arahnya.

5. Hindari Lift dan Gunakanlah Tangga Darurat

Tips Kebakaran dalam Gedung Perkantoran

(Image: bestananda.blogspot.com)

Janganlah menuju lift ketika kondisi darurat. Selain lift biasanya langsung dimatikan supaya tidak bisa beroperasi, penggunaan lift juga dapat lebih membahayakan keselamatan Anda.

Lift bisa tiba – tiba berhenti di tengah jalan, sementara api semakin melebar yang dapat membuat Anda merasa terkungkung kepanasan serta penuh asap di dalam lift dan tidak bisa keluar. Lift juga memiliki risiko terbakar di bagian tali penopangnya yang dapat membuat lift tersebut terjun bebas ke bawah.

Tangga darurat merupakan standar wajib yang harus dimiliki oleh gedung perkantoran, dimana pintu tangga darurat berlapis material khusus tahan api. Melajulah kesana dengan tenang dan tidak berebut. Panik ketika menuruni tangga darurat tentunya akan menimbulkan permasalahan tersendiri.

Anda maupun orang lainnya dapat terjatuh, serta menghalangi orang yang sedang menuruni tangga darurat. Turunilah tangga darurat dengan langkah yang teratur, gerakan cepat namun tetap berhati – hati.

6. Mendekat ke Jendela

Tips Kebakaran di Gedung Perkantoran

(Image: Press Velux)

Sebisa mungkin ketika melakukan tindakan penyelamatan diri, mendekatlah ke jendela. Hal ini karena jika api maupun gumpalan asap telah menyebar dan Anda terjebak api, Anda dapat merasakan udara luar. Dari sini Anda bisa mendapatkan hirupan udara segar, selain itu memudahkan tim pemadam kebakaran untuk menyelamatkan Anda.

Dinas kebakaran memiliki kendaraan bernama Bronto Skylift, lengkap dengan tangga penyelamat dan alat pemadam. Anda dapat segera turun dari tangga tersebut dan mendapatkan penanganan yang tepat di pihak yang telah berpengalaman menangani kondisi darurat. Namun jika Anda berada di ketinggian gedung tingkat atas, disarankan untuk secepat mungkin menyelamatkan diri terlebih dahulu melalui tangga darurat.

7. Jangan Sampai Terjebak di Keramaian

Tips Kebakaran di Gedung Perkantoran

(Image: dailystar.co,uk)

Penyebab banyaknya korban kebakaran di gedung perkantoran biasanya karena penghuni gedung hanya fokus pada satu akses pintu keluar gedung. Akibatnya banyak penghuni gedung berdesakan, karena terjebak dalam keramaian dan terlanjur menghirup asap kemudian pingsan.

Lebih baik jika sudah terlanjur terjebak dalam keramaian, carilah jalan keluar. Bisa dengan ke ujung ruangan, lorong atau tangga. Bahkan jika posisi tidak terlalu tinggi, cobalah keluar dari jendela. Jika Anda takut ketinggian, cobalah duduk di kerangka jendela lalu perlahan dorong tubuh dengan kedua tangan. Buatkah tubuh anda tidak tegang.

Memang tidak ada yang mengharapkan bencana apapun terjadi, tetapi kita tak pernah tahu. Untuk itu penting bagi kita memahami bagaimana mengatasi setiap bencana. Termasuk bila terjadi kebakaran di gedung perkantoran. Tenang, tenang dan tenang. (Source: Merdeka.com)