Wajib Tahu, Ini Dia 10 Program Kantor Menarik untuk Karyawan!

Program Kantor untuk Karyawan

Salah satu penunjang kenaikan laba perusahaan adalah produktivitas karyawan. Produktivitas karyawan bisa menurun akibat berbagai faktor, salah satunya adalah tingkat kebosanan yang teramat. Semakin bosan seorang karyawan, maka semakin menurun semangat kerja dan tingkat produktivitasnya.

Menyikapi hal tersebut, perusahaan haruslah pintar menyiasati strategi agar karyawan tersebut dapat terus memiliki semangat kerja yang tinggi. Untuk itu, simak beberapa program kantor menarik yang bisa diterapkan agar karyawan dapat terus betah dan merasa lingkungan kantor terasa “hidup”.

1. Menyediakan Fitness Center

Program Kantor untuk Karyawan
Image: Danielle Cerullo – Unsplash

Menyediakan fitness center di kantor adalah salah satu program yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan besar seperti Chesapeake Energy Corp di Amerika Serikat juga menerapkan program ini. Bahkan perusahaan tersebut menyediakan kolam renang berukuran olympic size secara gratis atau cuma-cuma untuk semua karyawannya. Selain itu, perusahaan tersebut juga menyediakan arena wall climbing serta akses gratis ke pelatihan kebugaran prbadi.

Menyediakan fitness center di kantor memiliki beragam manfaat baik untuk karyawan maupun perusahaan sendiri. Dengan adanya fitness center di kantor akan membuat karyawan memiliki tubuh sehat serta fisik yang kuat sehingga tidak mudah sakit. Karyawan yang sehat dan tidak mudah sakit akan menguntungkan bagi perusahaan.

2. Program Berhenti Merokok

Program Kantor untuk Karyawan
Image: livingjoy.net

Memang program berhenti merokok dinilai masih asing untuk perusahaan di Indonesia. Namun perusahaan luar negeri sudah banyak menerapkan program ini. Salah satunya adalah Union Pacific Railroad. Program berhenti merokok perusahaan tersebut adalah berupa pelatihan pendampingan gaya hidup bebas merokok dan bantuan farmakologis yang diperuntukkan bagi karyawan yang ingin berhenti merokok.

Program tersebut dapat dikatakan berhasil karena dari program tersebut jumlah karyawan perokok yang awalnya mencapai angka 40% pada tahun 1990-an, turun menjadi hanya 17 persen pada tahun 2007.

3. Menyediakan Transportasi Khusus bagi Karyawan

Program Kantor untuk Karyawan
Image: huffingtonpost.com

Salah satu perusahaan yang telah menerapkan program ini adalah Facebook. Kampus Facebook di Palo Aalto memanfaatkan alat transportasi berupa sepeda yang kemudian diubah menjadi program bersepeda bersama. Sistemnya mengajak karyawan Facebook menggunakan transportasi umum untuk mencapai kampus Facebook. Setelah sampai di kampus Facebook, karyawan bebas menggunakan sepeda bersama untuk berkendara di dalam area kampus Facebook.

Program dari Facebook ini bisa ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain. Perusahaan bisa menyediakan sepeda untuk mobilisasi karyawan di area kantor, atau juga memberi insentif berupa kendaraan bagi karyawan di perusahaan tersebut.

4. Menyediakan Makan Siang Sehat

Program Kantor untuk Karyawan
Image: ctpost.com

Memang terdengar klise, namun perusahaan besar seperti Google pun menerapkan program ini. Google menyediakan makanan sehat untuk karyawan di cafetaria. Tidak hanya itu, Google juga menyediakan tempat makan bersama sehingga karyawan bisa berinteraksi dan dapat memperluas relasi antar karyawan.

Program menyediakan makan siang sehat akan berdampak sangat baik bagi perusahaan dan juga karyawan. Dalam waktu makan siang, seringnya karyawan akan mencari makanan di luar kantor, dan seringnya makanan yang dipilih oleh karyawan adalah makanan cepat saji. Seperti yang diketahui, makanan cepat saji berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Menyediakan Paramedis di Kantor

Program Kantor untuk Karyawan
Image: glo-pamper.co.uk

Google juga menerapkan program ini. Perusahaan raksasa tersebut bahkan menyediakan 35 terapis pijat yang siap memijat dan membuat karyawan menjadi rileks. Terapis pijat tersebut dinilai bisa mengembalikan semangat dan menyegarkan pikiran karyawan setelah terimpit oleh beban kerja yang melanda.

Perusahaan lain bisa mengadopsi ide dari perusahaan Google tersebut. Perusahaan bisa menyediakan paramedis di kantor untuk menangani keluhan-keluhan kesehatan yang melanda para karyawan.

6. Menyediakan Kelas Yoga

Program Kantor untuk Karyawan
Image: Yoga Reading

Perusahaan yang telah menerapkan program ini adalah Mobify. Perusahaan startup dari Vancouver ini menyediakan kelas yoga bagi para karyawannya. Kelas yoga ini diadakan seminggu dua kali. Mereka memanfaatkan rooftop sebagai latar dari program yoga tersebut.

Ide menyediakan program kantor untuk karyawan berupa kelas yoga juga dapat diterapkan oleh perusahaan lain. Yoga merupakan salah satu sarana melepas stress yang cukup terkenal. Selain melepas stress, yoga juga dinilai baik untuk kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Perusahaan bisa menyediakan satu ruang kosong yang digunakan untuk kelas yoga. Setiap seminggu dua kali atau seminggu sekali perusahaan bisa memanggil instruktur untuk memandu jalannya kelas yoga. Program ini akan membantu karyawan melepas stress di kantor sehingga menjadi semangat lagi untuk bekerja.

7. Hadirkan Psikolog

Program Kantor untuk Karyawan
Image: ilovedurban.com

Tuntutan dunia kerja memang terasa sangat menghimpit pikiran hingga sering kali menyebabkan karyawan menjadi stress. Beban pikiran bisa berkurang jika seseorang berbagi cerita dengan sesama, terlebih dengan psikolog. Hadirnya psikolog di kantor akan menyebabkan karyawan bisa berbagi cerita tentang masalah pekerjaan dan bersama-sama mencari solusi.

Adanya psikolog sedikit banyak akan membuat karyawan berkurang rasa stress-nya karena ada tempat untuk mendiskusikan masalah. Harapanya karyawan yang stress-nya berkurang bisa kembali semangat kerja dan betah bekerja di kantor.

(Baca Juga: 10 Tanda Lingkungan Kerja yang Mulai Terasa Tak Sehat di Kantor)

8. Ciptakan Hari Khusus Refreshing

Program Kantor untuk Karyawan
Image: smallbizclub.com

Akan ada satu titik di mana karyawan merasa jenuh dengan rutinitas kantor. Kejenuhan tersebut bisa diatasi dengan menciptakan satu hari khusus yang diperuntukkan sebagai hari refreshing karyawan.

Hari refreshing karyawan bisa diadakan sebulan sekali atau tiga bulan sekali tergantung dengan kebijakan perusahaan. Pada hari tersebut, karyawan dibebas tugaskan namun tetap harus masuk ke kantor. Perusahaan dapat menciptakan event yang menarik pada hari tersebut, contohnya hari masak bersama atau hari makan-makan bersama.

Dipercaya dengan adanya program kantor untuk karyawan berupa hari khusus refreshing ini akan membuat fikiran karyawan menjadi lebh segar dan siap untuk bekerja di kantor keesokan harinya.

9. Lomba Karyawan Terbaik

Program Kantor untuk Karyawan
Image: celticlinen.ie

Jika kita memesan makanan di Mc Donald, pasti kita akan melihat suatu figura berisi gambar karyawan terbaik bulan ini terpajang di dinding bagian kasir. Perlombaan karyawan terbaik seperti itu merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan persaingan antar karyawan. Jika persaingan antar karyawan naik, maka karyawan akan lebih semangat bekerja.

Untuk menambah semangat persaingan antar karyawan, perusahaan bisa memberi hadiah menarik bagi karyawan yang menyandang gelar sebagai karyawan terbaik tiap bulannya. Hadiah tersebut bisa berupa bonus sebesar 50% dari total gaji karyawan yang menang tersebut. Dengan semangat kerja yang tinggi, karyawan dijamin akan betah untuk bekerja di kantor.

10. Desain Ruang Lebih Fresh

Program Kantor untuk Karyawan
mage: officeworks.com.au

Kenyamanan karyawan sangat berpengaruh terhadap motivasi kerja seorang karyawan. Jika karyawan merasa tidak nyaman di kantor, otomatis semangat kerja karyawan tersebut akan menurun dan alhasil akan menurunkan produktivitas kerjanya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan agar karyawan menjadi nyaman di kantor adalah mendesain ruang kerja dengan desain yang fresh. Tema back to nature dirasa cocok untuk diterapkan untuk ruangan kerja karyawan.

Jika dirasa terlalu mahal untuk mendesain seluruh ruang kerja karyawan dengan tema tersebut, perusahaan bisa membangun beberapa ruangan bertemakan back to nature yang mana ruangan tersebut menjadi ruangan kerja bersama jika karyawan merasa bosan bekerja di ruang kerjanya.

Dalam ruangan tersebut, perusahaan bisa menambahkan banyak tanaman hias dan mendesainnya seolah menjadi taman di dalam kantor. Warna hijau dari tanaman-tanaman tersebut akan membawa nuansa sejuk dan menenangkan jika dipandang mata.

Jadi yang mana program kantor untuk karyawan yang Anda impikan ada di perusahaan? Mari terapkan hal-hal seperti ini sedari sekarang. Karena meskipun terlihat sepele, namun dapat menciptakan dampak yang besar bagi produktivitas seluruh karyawan.